Amitabh Bachchan dan Peran-peran yang Dimainkannya

Sebelum era Shahrukh Khan, Amitabh Bachchan merupakan rajanya perfilman Bollywood di tahun 70 hingga 80-an. Di tahun 90-an Amitabh Bachchan sempat vakum selama beberapa tahun untuk membesarkan rumah produksinya sendiri yang sayangnya bangkrut. Kerennya, hingga usianya yang sudah melampaui 70 tahun seperti sekarang, Amitabh Bachchan tetap eksis di perfilman Bollwood.

Di tahun 2000, Amitabh Bachchan kembali ke dunia film Bollywood lewat film Mohabbatein. Meski hanya berperan sebagai pemeran pendukung, film ini menjadi titik balik dari kembalinya sang superstar 70-an. Dan kini, berkat semakin kreatifnya sutradara Bollywood, sosoknya yang sudah sepuh ini tetap dipercaya memerankan tokoh utama dalam beberapa filmnya. Yah, kualitas akting memang tidak bisa bohong kan, ya? Kali ini saya akan mereview beberapa sosok yang dimainkan Amitabh Bachchan selama beberapa tahun terakhir.

Amitabh Sinha – Shamitabh

Shamitabh bercerita tentang seorang pemuda bernama Daanish yang bercita-cita menjadi seorang aktor. Meski memiliki kemampuan akting yang mumpuni, kondisi Daanish yang tuna wicara membuatnya nyaris tak bisa mewujudkan mimpinya. Hingga kemudian ia bertemu dengan seorang pria tua bernama Amitabh Sinha yang diperankan oleh Amitabh Bachchan. Amitabh ini juga sebenarnya bermimpi untuk bisa menjadi aktor terkenal. Sayangnya, karena suaranya yang dinilai terlalu berat ia tak pernah bisa mewujudkan mimpinya.

Baca lebih lanjut

Konten Dewasa dalam Film Animasi

Beberapa waktu lalu, saya mendapatkan film Sausage Party dari seorang kawan. Berhubung suami suka film animasi, maka saya tawarkan film ini padanya. Suami pun menonton film ini di laptopnya sementara saya mengerjakan hal lain. Selesai menonton, saya pun menanyakan suami tentang film yang baru saja ditontonnya.

“Aku mau muntah nonton filmnya. Ada adegan kekerasan dan seks-nya,” kata suami pada saya.

Saya jelas terkejut mendengar jawabannya.

“Kok bisa, sih? Itu kan film animasi?” tanya saya lagi.

“Ya biar namanya animasi. Coba aja kamu tonton filmnya. Bagian akhirnya yang parah banget,” tambah suami.

Berhubung memang tak terlalu berminat dengan film animasi, saya pun mengikuti saran suami menonton bagian akhir dari film itu. Benarlah apa kata suami saya. Film Sausage Party ini benar-benar bukan tontonan anak-anak. Bahkan kayaknya jika orang dewasa yang menontonnya pun akan merasa jengah saking vulgarnya adegan yang ditampilkan oleh para makanan ini.

Baca lebih lanjut

Drama Mohabbatein dan Perbedaan Antara Tamil dan Punjabi

Beberapa bulan terakhir, salah satu televisi swasta yang terkenal dengan drama India dan Turki-nya menayangkan drama berjudul Mohabbatein. Saat itu, saat melihat salah satu pemerannya, saya merasa familiar dengan drama ini. Ternyata, setelah saya tanya mbah Google, drama ini sebelumnya sempat ditayangkan RCTI dengan judul Sayangku Ruhi.

Filmmonkey.com

Filmmonkey.com

Sebenarnya sih saya tidak terlalu tertarik mengikuti drama India yang panjangnya luar biasa itu. Namun ada satu episode yang mendadak membuat saya tertarik. Jadi dalam drama ini diceritakan dr. Ishita menikah dengan seorang pengusaha bernama Raman Balla dikarenakan kecintaan Ishita pada putri Raman yang bernama Ruhi. Ternyata, pernikahan antara Ishita dan Raman merupakan pernikahan antara dua budaya yang berbeda. Ishita merupakan gadis keturunan Tamil sementara Raman adalah seorang Punjabi.

Saat mengetahui hal ini, mau tak mau saya pun teringat pada sebuah film Bollywood yang juga mengusung pernikahan antara seorang Tamil dan Punjabi, yakni 2 States. Dalam 2 States, tokoh utama pria juga seorang Punjabi bernama Krish sedangkan tokoh utama wanitanya adalah gadis Tamil bernama Ananya. Bedanya, dalam 2 States lebih mengedepankan beberapa konflik yang harus dihadapi Krish dan Ananya sebelum menikah lantaran perbedaan budaya yang dimiliki.

Ya, layaknya di Indonesia, perbedaan suku bisa menghasilkan perbedaan budaya dan kebiasaan . Di India sendiri, terdiri dari 29 negara bagian dengan sukunya masing-masing. Beberapa yang kerap saya dapati di film-film Bollywood adalah Punjabi, Bengali, Tamil, Gujarat, dan Rajashtan. Tentunya ada perbedaan tersendiri antara negara-negara bagian ini. Berhubung selama bertahun-tahun saya menyukai film Bollywood, maka perlahan-lahan saya mulai bisa mengenali beberapa perbedaan antara setiap negara bagian. Untuk kali ini, saya ingin membahas perbedaan Tamil dan Punjabi saja.

Baca lebih lanjut

10 Drama Korea dengan Latar Belakang Profesi yang Asyik Ditonton

Sejak kemunculannya di Indonesia belasan tahun lalu lewat Endless Love, hingga kini drama Korea masih tetap sukses mencuri hati penggemarnya. Jika dulu kita menonton drama Korea lewat televisi swasta, maka kini dengan kecanggihan teknologi, kita bisa menonton drama Korea terbaru dengan mengunduhnya di berbagai situs di internet. Mungkin itu juga ya sebabnya kenapa televisi swasta tak banyak lagi menayangkan drama Korea dan lebih memilih menayangkan drama Turki atau India. Hehe

Saya sendiri hingga saat ini juga masih cukup setia menonton drama Korea. Meski kadang kisah yang ditawarkan drama-drama Korea ini itu-itu saja, namun sepertinya drama Korea ini tak pernah kehilangan pesonanya. Entah itu dari segi para pemerannya, fashionnya, tempat shooting dan tentunya perkembangan ponsel terbarunya. Selain itu, drama Korea juga kadang menyelipkan beberapa profesi pekerjaan untuk menunjang latar belakang ceritanya. Yang membuat saya suka, profesi yang dipilih ini biasanya bukan sekadar tempelan alias benar-benar mengupas profesi tersebut.

Nah, kali ini saya ingin membuat daftar drama Korea dengan latar belakang profesi yang asyik untuk ditonton. Daftar ini tentunya berasal dari drama-drama yang sudah saya tonton sebelumnya.

Baca lebih lanjut

Aktor-aktor Muda Bollywood

Berbeda dengan para aktrisnya yang sudah mengalami regenerasi, dunia papan atas aktor Bollywood hingga kini masih didominasi oleh para pemain lawas. Meski begitu, bukan berarti tak ada aktor-aktor muda yang bersinar. Berikut adalah daftar para aktor muda Bollywood yang mungkin beberapa tahun lagi akan menjadi raja-raja baru di dunia perfilman Bollywood.

Ranbir Kapoor

Ranbir Kapoor adalah putra dari aktor Rishi Kapoor. Ia memulai debut aktingnya di film Saawariya dan beradu peran dengan Sonam Kapoor. Meski film debutnya ini gagal di pasaran, namun Ranbir Kapoor berhasil mencuri perhatian para penikmat film. Ia juga membuktikan kemampuan aktingnya dengan meraih filmfare award untuk Rockstar dan Barfi!.

Sayangnya, beberapa tahun terakhir Ranbir Kapoor sepertinya selalu salah dalam memilih film. Film Bombay Velvet yang disutradarai Anurag Kashyap gagal baik dari segi komersil ataupun cerita. Yah, semoga saja untuk tahun ini Ranbir bisa lebih menggebrak lewat film terbarunya bersama sang mantan Deepika Padukone.

Ranveer Singh

Jujur, awal-awal kemunculannya, saya selalu kesulitan membedakan antara Ranveer Singh dengan Ranbir Kapoor. Entah cuma saya saja yang merasa, namun kedua aktor ini memiliki perawakan yang mirip.

Ranveer Singh sendiri memulai debutnya dengan berduet dengan Anushka Sharma dalam film Baand Baaja Baarat. Melalui film ini, Ranveer Singh berhasil mencuri perhatian para sineas Bollywood. Ranveer Singh sendiri terbilang cukup pintar memilih peran. Film-film yang dibintanginya rata-rata memiliki cerita yang menarik, seperti Lootera dan Goliyon Ki Raasleela Ram-Leela. Untuk tahun ini, Ranveer Singh akan kembali berduet dengan Deepika Padukone dalam Bajirao Mastani.

Baca lebih lanjut