Bebek Goreng Kalijo

Tahun 2013 yang lalu, saya dan adik berkesempatan mengunjungi kota Surabaya dalam rangka pernikahan sahabat adik saya. Dalam kesempatan itu, untuk pertama kalinya saya mencicipi bebek goreng di dekat Tugu Pahlawan. Kala itu, karena masih yang pertama, saya belum bisa memberi penilaian untuk bebek yang saya makan.

Tahun berlalu, tiba-tiba saja saya merasa rumah makan yang menyajikan menu bebek menjamur di kota saya. Rata-rata rumah makan bebek tersebut merupakan franchise dari rumah makan yang ada di pulau Jawa. Sebut saja bebek Pak Janggut, Bebek Pak Gendut, Bebek Sinjae, dan aneka bebek lainnya.

Untuk daerah saya sendiri, menu bebek yang cukup terkenal adalah Nasi Itik Gambut. Gambut merupakan nama sebuah kecamatan di kabupaten Banjar. Jika kita bepergian menuju kota Banjarbaru, maka di sepanjang jalan di kecamatan Gambut kita akan menemukan berderet-deret rumah makan yang menyajikan menu nasi itik gambut ini. Tinggal pilih saja mau coba yang mana. Namun katanya yang cukup terkenal adalah warung Tenda Biru.

Selain nasi itik Gambut, salah satu rumah makan dengan menu utama bebek yang berasal dari daerah saya sendiri adalah Bebek Goreng Kalijo. Nama Bebek Goreng Kalijo diambil dari singkatan Kalimantan Jowo. Saya kurang tahu pendiri rumah makan ini, namun kabarnya Bebek Goreng Kalijo pertama kali berdiri di kota Kandangan kabupaten Hulu Sungai Selatan. Di kota Banjarmasin sendiri sudah ada 3 cabang bebek Kalijo. Yang pertama di Jl. A. Yani km. 3,5, lalu ada juga di Jl. Pramuka dan yang satu lagi di daerah Kayu Tangi.

Lokasi warung makan Bebek Kalijo

Untuk soal rasa, bebek Kalijo boleh dibilang tidak kalah saing dengan bebek-bebek franchise yang ada di kota saya. Dagingnya empuk dan tidak berasa amis. Hal lain yang membuat Bebek Goreng Kalijo ini istimewa adalah sambalnya yang enak. Yah, meski kalau untuk saya sambal yang disajikan kurang banyak. πŸ˜€

Menu makan malam

Selain menyajikan bebek, Bebek Goreng Kalijo juga menyediakan menu lain seperti ayam kampung, iga penyet, dan rusuk sapi yang disingkat Rusa. Sedangkan untuk minuman, Bebek Goreng Kalijo juga memiliki minuman khasnya (saya lupa nama minumannya). Rasanya manis-manis asam, mengingatkan saya pada minuman kunyit asam.

Minuman khas Bebek Kalijo

Minuman khas Bebek Kalijo

25 pemikiran pada “Bebek Goreng Kalijo

  1. Di Medan kayaknya belom ada Bebek Kaliyo ini, Mbak.. Tapi kata temen-temen blogger sih rasanya enak ya, trus ngga amis.. Aku kan jadi makin penasaraaan πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s