Mengintip Dunia Kerja dalam Misaeng

Jang Geu Rae bekerja di One International atas bantuan dari seorang Direktur pada perusahaan besar tersebut. Hal ini membuatnya langsung mendapat sorotan sebagai karyawan magang yang masuk perusahaan karena koneksi. Selain itu, latar pendidikannya yang hanya setara SMU dan tanpa pengalaman kerja semakin membuatnya dipandang buruk. Bahkan manager yang menjadi atasannya pun sempat tak menyukainya atas statusnya tersebut.

Meski begitu, Jang Geu Rae tak menyerah. Dengan cepat ia belajar untuk mengejar ketertinggalannya. Untungnya meski tak memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi, Jang Geu Rae memiliki kemampuan bermain Go yang cukup baik. Inilah permainan yang membuatnya berhenti dari SMA agar bisa menjadi pemain profesional. Sayangnya impian Jang Geu Rae kandas. Namun siapa sangka permainan Go yang dilakoninya selama belasan tahun ternyata bisa membantunya bertahan di One International. Ini tentunya turut didukung dengan atasan dan rekan kerja yang bisa membimbingnya dengan baik.

Lain Jang Geu Rae, lain pula kisah tiga teman lainnya sesama karyawan baru di One International. Ahn Young Yi, Jang Baek Gi dan Han Seuk Yul adalah tiga karyawan yang bisa dibilang memiliki tingkat kompetensi yang sangat baik. Mereka berasal dari perguruan tinggi ternama, menguasai bahasa asing, juga sangat cemerlang di masa magang mereka.

Berbeda dengan Jang Geu Rae, ketiga orang ini saat akhirnya diterima sebagai karyawan baru ternyata harus berhadapan dengan senior dengan karakter yang cukup sulit. Ahn Young Yi bekerja di bawah para pria yang cenderung tak menghargai wanita, Jang Baek Gi mendapatkan senior yang bahkan tak menghiraukan keberadaannya, sedangkan Han Seok Yul mendapat senior yang kerap memanfaatkannya. Kondisi ini jelas tidak menguntungkan bagi ketiga orang ini. Talenta dan kemampuan besar yang mereka bawa saat masih menjadi anak magang serasa terkubur di bawah bayang-bayang senior mereka. Jauh berbeda dengan Jang Geu Rae yang bersinar di bawah bimbingan para senior di timnya.

***

Misaeng merupakan sebuah drama dari tv kabel Korea dengan rating yang sangat tinggi di tahun 2014 lalu. Mulanya saya tak terlalu tertarik untuk menonton drama ini. Namun setelah seorang sahabat di Jakarta sana meyakinkan saya, akhirnya saya pun tergerak untuk menontonnya.

Setting lokasi dari drama ini sendiri sebenarnya hanya di sebuah perusahaan besar di Korea sana. Tak seperti layaknya drama Korea lainnya, Misaeng tak memanjakan kita dengan pemandangan indah atau kisah roman para pemainnya. Alih-alih penonton malah disuguhi dunia kerja di Korea lengkap dengan lika-liku di dalamnya. Senior dengan berbagai karakter, rekan seangkatan yang terlihat lebih bersinar, tekanan-tekanan di dalam pekerjaan tim, hingga saling curhat sepulang kantor.

Menonton drama ini mau tak mau membuat saya berkaca. Apakah saya sudah menjadi karyawan yang cukup baik? Apakah sudah menjalankan tugas yang diberikan pada saya dengan maksimal?

50 pemikiran pada “Mengintip Dunia Kerja dalam Misaeng

  1. wah ada drama baru lagi nih.

    drama lama sudah banyak ditayangkan di tv swasta nasional sekarang. jadi ada yang stasiun nayanganin drakor, ada juga yang nayangin india πŸ˜€

  2. Akuuu udah ga bisa nonton drama lagi, ini drama stasiun TVN bukan mbak ?
    Biasanya drama korea yg di tv kabel ceritanya lebih seru dan agak beda dari drama tv nasional πŸ˜€

  3. waaah, bisa kayanya boleh nih buat jadi temen serial yg saya lagi ikutin. bukan dari tv sih, tapi dari yg lainnya. *ga usah dibahas*

    yg lagi saya ikutin itu sekarang Secret Love Affair. cuma satu. pengen nambah πŸ˜€

    btw, Yana, dirimu ada Path atau Facebook ga sih? kita kok kalo ketemu di blog doang ya?

  4. dramanya keren.. barusan selesai episode 20.. πŸ˜†
    sebenarnya, mo cari tahu lokasi asli pengambilan gambar kantor One International.. apa beneran itu kantornya? ato sekedar settingan.. hehehe.. πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s