Resensi di Koran Jakarta

korjakIri, mungkin begitulah awalnya. Gara-gara melihat adik tingkat saya yang satu ini sering sekali nampang di media dengan resensinya, saya pun terpacu untuk melakukan hal yang sama. Dan berhubung kala itu buku yang saya baca lumayan baru dan menarik, maka dengan penuh perjuangan terkirimlah sebuah resensi yang cara penulisan dan pengiriman naskahnya saya intip dari jurnal si adik.

Satu hari setelah naskah dikirim, saya ternyata mendapat surel balasan dari editor koran tersebut. Isinya antara lain permintaan untuk merevisi naskah yang sudah saya kirim. Poin-poin yang diminta direvisi yakni : resensi harus menjelaskan awal dan akhir dari buku, apalagi kalau itu sebuah novel. jangan pernah memberi beban seperti ini ,“Adakah hubungan mobil wagon hijau tersebut dengan penculikan Yunus? Berhasilkah Riska dan teman-temannya menemukan Β Yunus?”. Selain itu saya juga diminta untuk mengubah kalimat pembuka dari resensi yang saya kirimkan.

Berdasarkan surel yang dikirimkan sang editor, saya pun menyunting kembali naskah yang sudah saya kirim dan segera mengirimkannya kembali. Satu hari berselang, melalui facebook, Yanti mengabarkan kepada saya kalau resensi saya dimuat di media tersebut. Benar-benar sebuah berita gembira! Apalagi jika mengingat ini adalah pertama kalinya tulisan saya tembus media lagi setelah cerpen Femina beberapa tahun lalu. Yah, semoga saja setelah ini saya bisa konsisten membuat resensi yang baik dan benar dan tentunya tetap disiplin menulis.

Bagi yang ingin membaca resensi saya yang sudah dimuat, bisa mampir ke sini.Β  Sedang untuk versi aslinya, bisa mampir ke sini.

19 pemikiran pada “Resensi di Koran Jakarta

  1. Nah bujur tuh ka ae, di Korjak kada boleh memberi beban dengan pertanyaan-pertanyaan, ulun dulu dipadahi kawan jua ky itu. Eh tapi kompas anak masih mau. Resensi ulun ada pertanyaan2 ky itu di ujung dan dimuat πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s