Blognya para Penulis

Semenjak menekuni dunia blogging, saya kerap penasaran dengan blog-blog para penulis yang sudah cukup populer di negeri ini. Sebut saja Dewi Lestari, Tere LIye, Helvi Tiana Rosa, Asma Nadia, dan tentu saja nama-nama penulis novel populer yang terus bermunculan sekarang ini. Tentunya bukan tanpa alasan saya mencari tahu blog dari para penulis ini. Selain ingin tahu kehidupan dan celotehan mereka, saya juga ingin mengetahui proses kreatif menulis mereka sekalian belajar menulis dari blog mereka.

Saya ingat pertama kali menemukan blog penulis ini pada novel Jomblo karangan Adhitya Mulya. Saat itu seingat saya kang Adhit belum memakai nama suamigila.com dan masih menggunakan platform blogspot (atau wordpress ya?). Dari blog Adhitya Mulya ini juga kemudian saya menemukan blog sang istri, yang dulu bernama ninityunita.blogspot,com, yang sekarang sudah bertransformasi menjadi istribawel.com.

Adhitya Mulya sendiri bisa dibilang merupakan awal dari populernya sebuah penerbit bernama Gagas Media. Kalau untuk saya sendiri, Gagas Media merupakan sebuah penerbit dengan prestise sangat tinggi. Berhasil menembus meja redaksi penerbit ini bisa dibilang merupakan impian semua penulis novel populer. Nama-nama seperti Winna Efendi, Windry Ramadhina, dan Sefryana Khairil merupakan beberapa penulis novel populer yang lahir dan besar melalui penerbit Gagas Media.

Nah, kerennya, dua penulis Gagas Media favorit saya, Winna Efendi dan Windry Ramadhina ternyata cukup aktif di blog mereka. Lebihnya lagi, isi blog mereka tak melulu soal promo buku terbaru, namun juga tentang catatan keseharian, proses kreatif buku terbaru mereka, berbagi ilmu menulis, hingga beberapa cerita fiksi yang mereka tulis. Ini jelas sangat menyenangkan. Selain karena mendapat banyak ilmu, saya juga bisa merasakan kedekatan kedua penulis tersebut dengan pembacanya. Satu hal yang saya sayangkan dari blognya Winna Efendi, rata-rata postingannya menggunakan bahasa Inggris yang membuat saya agak kesulitan mengikuti blognya.

Penulis lain yang blognya juga saya ikuti adalah mbak Riawani Elyta. Berbeda dengan Winna Efendi dan Windry Ramadhina, blog mbak Riawani Elyta ini lebih banyak berisi resensi buku-buku yang telah beliau baca, lengkap dengan kritik dan pujiannya. Ini juga sangat berguna bagi saya yang memang selalu mengecek rating sebuah buku sebelum membacanya.

Selain nama-nama di atas tentunya masih banyak lagi blog-blog milik para penulis di negeri ini. Ada yang isinya sekadar promo buku atau kutipan pendek dan ada pula yang berbaik hati membagikan kisah keseharian dan ilmu mereka di blog tersebut. Satu hal yang saya yakini, jelas tidak mudah bagi para penulis tersebut untuk bisa tetap aktif di blog mereka sementara mereka juga sibuk dengan naskah terbaru novel mereka. Ini juga harusnya menjadi cambuk bagi saya untuk tetap menulis (baik blog maupun proyek fiksi), meski akhir-akhir ini rasa malas sering melanda. Yah, setidaknya jika saya tidak berhasil menelurkan sebuah buku, saya selalu memiliki blog ini sebagai bukti kalau saya tetap menulis πŸ™‚

Berikut alamat-alamat blog para penulis lokal yang saya ketahui:

Adhitya Mulya – http://suamigila.com/

Ninit Yunita – http://istribawel.com/

Winna Efendi : http://winna-efendi.blogspot.com/

Windry Ramadhina : http://www.windryramadhina.com/

Riawani Elyta : http://www.riawanielyta.com/

Sefryana Khairil : http://blog.sefryanakhairil.net

Robin Wijaya : http://robinbieblogwijaya.blogspot.com

Desi Puspitasari : http://coffeesleepy.blogspot.com

Ifa Avianty : http://ifaavianty1.wordpress.com

Afifah Afra : http://www.afifahafra.net/

Windy Ariestanty : http://windy-ariestanty.tumblr.com/

Sinta Yudisia : http://sintayudisia.wordpress.com/

Eka Kurniawan : http://ekakurniawan.com/

59 pemikiran pada “Blognya para Penulis

  1. Dulu saya suka baca novel namun penulis lama seperti mira.w, agata cristi, dan beberapa novel barat, namun Saya sekarang sudah jarang baca buku novel. Malah ada beberapa novel pemberian dari teman teman aku belum aku baca dan masih ada sampulnya entahlah…!
    Namun yang aku suka sekarang suka baca tentang traveling, malah sudah ada beberapa koleksi aku.

    • salam…..sbelumnya,ini pengalaman pertama q bergabung brsama kalian smua….q ingin mnjadi bagian dari kalian.makasih

  2. Saya mengetikkan keyword “Blog Penulis” di google dan yang muncul blog ini πŸ˜€ saya memang sedang mencari blog-blog para penulis terkenal untuk dipelajari. Makasih infonya mbak ayu πŸ™‚

  3. wah banyak kenalan. banyak tulisan inspiratif di sini. makasih info link penulis-penulisnya mbak. Saya sudah berkunjung dan mendapatkan banyak ilmu. silahkan mampir di blog saya juga ya. hehe…

  4. assalamualaikum, saya baru sja buat blog.bebrapa tulisanku udah aku pos ke blog, tapi saya gak tau gimana caranya mengelola blog. boleh ajari saya mengelola blog ? πŸ™‚

  5. assalamualaikum, saya bru saja buat blog dan isinya masih standart bgt, kakk2 ada yang mau ngajri saya untuk mengelola blog biar bermanfaat ?

  6. q ingin blajar menulis pendek…mudah2han q bisa penulis yang baik…..dan bisa menulis novel..amiiinn.bantu q yah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s