BBM yang tak lelet lagi

Saat BBM mengeluarkan produk untuk android-nya beberapa bulan yang lalu, tanpa perlu pikir panjang saya pun langsung mengikuti langkah teman-teman yang mengunduh dan menginstal-nya di ponsel. Alhamdulillah kala itu saya tak mengalami kesulitan dalam penginstalan aplikasi ini. Memang, sih, saya harus beberapa kali memasukkan alamat email yang diperlukan. Namun setidaknya saya tak harus menunggu sampai beberapa hari sampai akhirnya mendapatkan verifikasi seperti beberapa teman saya yang lain.

Sayangnya, meski aplikasi BBM tersebut telah berhasil terinstal, hingga beberapa bulan berikutnya saya tak bisa menggunakannya dengan maksimal. Leletnya jaringan menjadi alasan ketidakmaksimalan ini. Bayangkan untuk mengirim satu pesan saja, saya harus menunggu hingga dua hari untuk bisa terbaca oleh teman-teman. Beberapa teman bahkan sempat bertanya apakah aplikasi BBM saya masih aktif atau tidak? Saya sendiri kemudian hanya bisa memberi jawaban kalau paket internet yang saya gunakan tidak memungkinkan saya untuk bisa lancar BBM-an.

Mulanya, saya tak terlalu mempedulikan lemotnya aplikasi BBM saya ini. Toh saya masih bisa pakai whatsapp, begitu kata saya. Namun kemudian, saya menyadari bahwa leletnya BBM di ponsel saya bukan semata-mata disebabkan oleh paket data yang pas-pasan. Ini saya sadari setelah saya baru saja membeli paket data beberapa waktu yang lalu. Saat itu, bahkan di saat quota yang digunakan masih di bawah batas maksimal, BBM saya tetap tak bisa menampilkan update status dari teman-teman. Karena penasaran, saya pun akhirnya memutuskan bertanya Nora, salah satu rekan di kantor yang dulunya juga adik tingkat saya.

“Proxy-nya dihapus aja, Kak,” begitu saran Nora saat kami menikmati mie ayam usai survey lapangan.

Saya ingat saran tersebut juga sudah pernah diberikannya saat saya menanyakan hal yang sama di grup yang kami ikuti. Waktu itu saran tersebut tidak saya ikuti karena saya khawatir akses internet akan terputus jika saya menghapus proxy dari APN yang diberikan.

Namun untuk kali ini, rasa penasaran rupanya telah berhasil menguasai hati saya. Saya ambil ponsel, saya buka setting-an mobile network, lalu kemudian saya hapus proxy yang ada pada APN yang saya gunakan. Setelah menghapus proxy, saya kembalikan layar ponsel ke aplikasi BBM. Beberapa detik berlalu, dan tiba-tiba saja status-status baru bermunculan di update BBM saya. Tak hanya itu, notifikasi yang selama beberapa waktu terakhir benar-benar sepi mendadak ramai oleh akumulasi pembicaraan teman-teman di grup. Saya sendiri, kemudian larut dalam euforia membaca update status yang ada di aplikasi BBM tersebut πŸ˜€

23 pemikiran pada “BBM yang tak lelet lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s