Survey Lokasi (lagi)

Hari itu kami berangkat menuju lokasi akan dipasangnya alat pengolah air yang telah dikirimkan beberapa hari sebelumnya. Ini adalah kali ketiga saya ke lokasi tersebut. Pertama kali dengan tiga orang rekan senior, untuk memastikan kondisi rumah dan tanah yang akan dipakai. Yang kedua dengan beberapa rekan senior, Senior Manager dan pihak kontraktor untuk melihat kemungkinan perencanaan yang akan dipakai. Dan yang kali ini, dengan pihak pusat sendiri, yang ingin meninjau lokasi pemasangan alat sekaligus mengecek kondisi air di daerah tersebut.

Oya, lokasi yang kami datangi kali ini berbeda dengan lokasi yang saya ceritakan sebelumnya. Jika lokasi sebelumnya bernama pulau Bromo, maka lokasi yang baru ini adalah Teluk Halinau. Untuk mencapai lokasi yang dimaksud, kami harus naik mobil terlebih dahulu, kemudian menumpang feri kecil untuk menyeberang, dan berjalan sejauh kurang lebih 500 meter di atas titian kayu.

Tak ada yang berbeda sebenarnya antara lokasi tanah yang lama dengan lokasi yang baru ini. Rumah-rumah para penduduknya masih berdiri di atas air, lengkap dengan jamban-jamban mungilnya. Titian kayu berukuran 1,5 meternya masih menjadi salah satu jalan utama di tempat ini, meski di beberapa rumah, bisa saya lihat jukung-jukung tertambat. Di kiri kanan titian, bisa saya lihat para penduduk dengan kegiatannya masing-masing. Ibu-ibu yang berkumpul sambil berbagi cerita, anak-anak yang sibuk bermain, semuanya tak ubahnya seperti perumahan lain pada umumnya.

Tatapan penuh pertanyaan tampak pada setiap rumah yang kami lewati. Maklum saja, kali ini yang datang semakin banyak, dengan pakaian yang cukup perlente. Bukan kali ini saja sebenarnya kami semua mendapat tatapan penuh pertanyaan tersebut. Bahkan sejak kali pertama kami menginjakkan kaki di tempat tersebut pun, tatapan penuh pertanyaan tersebut sudah hadir. Pada mereka yang berani bertanya, kami hanya bisa mengatakan akan “memasang air” pada wilayah tersebut. Entah kabar tersebut sudah menyebar atau belum, saya sendiri kurang mengetahuinya.

Begitu tiba di tempat yang dituju, para utusan dari pihak pusat tersebut langsung menginspeksi lokasi.  Dari hasil inspeksi tersebut, disimpulkan kalau rumah yang ada di tanah yang sudah dibeli perusahaan cukup memenuhi syarat sebagai tempat dipasangnya alat pengolah air. Konstruksinya yang terbuat dari kayu ulin masih cukup kokoh, dan ukurannya juga cukup memadai untuk dipasang alat pengolah air tersebut.

Setelah sepakat dengan lokasi pemasangan alat, pihak pusat tersebut kemudian mengambil sample air yang ada di wilayah tersebut. Air yang sudah dikumpulkan di botol mineral kemudian dituang ke gelas, dan dicampurkan dengan serbuk PAC (pengolah air cepat) yang terdiri atas bubuk klor, kapur, dan kaporit. Sambil mencampurkan serbuk-serbuk tersebut, pihak pusat mengobrol singkat dengan ibu yang menemani kami di rumah tersebut.

“Kalau musim kemarau air sungainya asin nggak, Bu?” tanya petugas pusat tersebut.

“Iya, asin, Pak. Tapi kemarin satu bulan saja asinnya.”

“Biasanya buat air keperluan sehari-hari ngambilnya di mana?”

“Beli sama yang jualan. Kadang pakai air sungai juga. Tapi kalau airnya asin ya mau nggak mau pakai air ledeng semua.”

“Nah, nanti kalau alat pengolahnya sudah jadi, ibu nggak perlu beli air lagi. Bahkan nanti ibu nggak perlu masak lagi airnya, karena air yang diolah sudah siap minum,” kata petugas tersebut sambil memperlihatkan gelas berisi air yang sudah bening (dengan sedikit endapan pada dasarnya) hasil pengolahan cepat yang dilakukan sebelumnya.

Kurang lebih satu jam kami semua berada lokasi tersebut. Setelah peninjauan lokasi selesai, kami semua berpamitan pulang. Setelah ini, pihak kontraktor yang ditunjuk akan langsung bekerja mempersiapkan pemasangan alat pengolah air di lokasi tersebut. Semoga saja proyek ini bisa selesai tepat waktu dan hasilnya bisa segera dinikmati warga sekitar.

10 pemikiran pada “Survey Lokasi (lagi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s