Kalimat Perintah yang Tidak Bisa Ditolak

Beberapa waktu yang lalu saya mengikuti sebuah pelatihan motivasi yang diadakan kantor untuk para karyawannya. Dengan tema Happy Work with NLP, pelatihan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kinerja para karyawan di perusahaan tempat saya bekerja.

Dengan dibimbing oleh seorang trainer wanita, selama satu hari penuh saya dan karyawan lain diajak “bersenang-senang dan bergembira” dalam pelatihan tersebut. Mengenai materi pelatihan sendiri, ada beberapa yang cukup menarik seperti cara mengalikan fokus dan ada juga yang terasa biasa saja bagi saya.

Meski begitu, ada satu materi yang kalau boleh saya katakan cukup menarik. Ini berkaitan dengan kalimat perintah. Jadi dalam pelatihan tersebut, sang trainer memberikan contoh kalimat perintah yang efektif. Efektif di sini dalam artian kalimat perintah tersebut tidak bisa ditolak.

Berikut adalah beberapa contohnya:

“Selagi saya menyapu, tolong cuci piring ya.”

“Sembari saya mengetik, kamu tolong fotokopi berkas, ya.”

“Kamu mau mandi dengan ayah atau ibu?”

Saya sendiri belum mencoba kalimat perintah ini. Tapi kalau dipikir-pikir, memang bisa jadi kalimat perintah di atas tidak bisa ditolak. Mengapa? Karena dalam kalimat tersebut dikondisikan kedua belah pihak sama-sama melakukan pekerjaan.

Posted from WordPress for Android

43 pemikiran pada “Kalimat Perintah yang Tidak Bisa Ditolak

  1. Mbak, salam kenal ya… Langsung kepancing buat komen begitu liat tulisan ini, karena itu adalah senjataku ke si kecil kalau dia udah nggak mau diminta melakukan sesuatu (baca: disuruh, hehe). Abang mau mandi sama Ayah atau sama Ibu? Pasti dia milih salah satu dan tergiring ke kamar mandi, hehe. Mungkin kalo udah gede nggak segampang itu kali ya?

  2. Ini setuju banget. Aku pribadi lebih suka dimintain tolong kayak gitu.. ini lebih menunjukkan kalo bukan cuma aku aja yang kerja, tapi kamu juga kerja, jadi fair ya kita sama-sama kerja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s