Makin boros pulsa!

Kemarin, saat sedang asyik blogwalking di reader wordpress, saya mendapat peringatan kalau kuota internet yang saya pakai telah habis. Ini adalah ketiga kalinya saya kehabisan kuota internet selama bulan Oktober. Parahnya, untuk kuota yang terakhir baru saya beli 3 hari yang lalu seharga 25ribu dengan kuota 600mb sebulan. Jujur ini membuat saya bingung. Seboros itukah saya dengan internet?

Sewaktu masih di kantor lama, saya bisa bebas berinternetan di siang hari. Waktu itu, saya menggunakan paket 49ribu/bulan dengan kuota 1,5 GB dan bonus 1,5 GB di malam hari untuk 3G. Kala itu, karena siang saya masih bisa menggunakan internet kantor maka paket tersebut masih cukup hingga satu bulan. Nah, karena sejak pindah di kantor baru saya tidak bisa lagi mengakses internet lewat komputer, maka bisa dibilang segala aktivitas blogging saya lakukan lewat ponsel. Mulai dari menulis jurnal hingga berbalas komentar. Sebenarnya bisa sih saya posting di rumah malam hari. Namun biasanya saya sudah terlalu malas untuk membuka laptop atau bisa juga saya malah keasyikan membuka forum yang lain.

Selain untuk blogging, aktivitas lain yang saya lakukan adalah unggah foto di instagram, chatting via whatsapp dan sesekali mengedit cerpen. Kalau dipikir-pikir, rasanya nggak mungkin lah ya saya bisa menghabiskan 100 MB sehari dengan aktivitas saya itu. Tapi nyatanya peringatan dari operator berkata lain.

Karena penasaran dengan pemakaian internet, saya pun akhirnya menginstal (kembali) aplikasi pengecek pulsa yang dimiliki oleh provider yang saya pakai. Sebagai percobaan. saya membeli paket seharga 5000 rupiah dengan quota 100 MB untuk satu bulan. Hasilnya, saat malam hari saya cek pulsa yang tersisa (saya membeli pulsa sore hari), kuota yang saya miliki tinggal 60 MB. Dan paginya, lagi-lagi saya resmi kehabisan kuota Jadi, kayaknya memang benar saya bisa menghabiskan 100 MB hanya dalam 1 hari 😦

Saat saya iseng mengkonsultasikan masalah ini pada koordinator di ruangan saya numpang bekerna (saya masih belum dapat meja), beliau menyarankan untuk membeli kartu sekali pakai saja, yang biasanya memang memiliki banyak bonus internetan. Ide tersebut cukup menarik, namun yang agak bikin ribet adalah saya harus sering mencopot baterai tiap kali ganti kartu. Saya juga terpikir untuk ganti provider. Namun setelah saya tanya sana sini dan mengecek ke web provider tersebut, sepertinya untuk kuota utamanya hampir sama dengan provider yang saya pilih sekarang. Bedanya provider yang satu itu memiliki bonus yang lebih banyak ketimbang yang saya pakai. Lagipula saya lebih sering menggunakan internet di siang hari. Jadi kayaknya tidak terlalu pengaruh juga bonus kuota iu. Ada juga sih pilihan paket unlimited. Tapi kira-kira kecepatannya bagaimana ya?

Dengan kejadian seperti ini, mungkin ini adalah peringatan agar saya tak terlalu sering berinteraksi dengan si Xperia J. Memang sih, sejak memakai ponsel lungsuran itu, saya jadi semakin sering lupa lingkungan sekitar. Sebentar-sebentar nengok ponsel untuk mengecek notifikasi :D. Dan ini membuktikan,Β  ternyata bukan cuma Multiply yang bikin kecanduan, WordPress juga! πŸ˜€

123 pemikiran pada “Makin boros pulsa!

  1. Aku juga boros banget klo pake internet.
    Cuma kan ini pakenya yg unlimited sebulan. Jadi, beberapa hari pertama aksesnya was wuuusshhhh, pas quota habis, inet masih bisa dipake, tapi ya gitu πŸ˜€ Lambaaattt

  2. klo saya gak suka pake yg kuota…terbatas. Di bb paket unlimted 70000/bln. Di lepi tadinya pake speedy unlimited, trus sementara cuti dulu ganti modem aha, 100000/bln. gak suka dibates2in soalnya..tapi ya lumayan boros uang sih..hehe..

  3. Pakai provider apa Mbak Aya? πŸ˜€

    Aku pribadi pakai simpati, pakai yang hot offer, 60rb untuk 3 gb, dan cukup sering digunakan, biasanya malah dipakai juga untuk tethering, dia bertahan cukup lama sampai sebulanan. Kecepatannya simpati juga cukup stabil. 3 gb itu terbagi jadi beberapa, yang midnight, 3g dan flash-nya. Sejauh ini lancar. πŸ˜€

  4. waktu kuliah, pernah pake yang pasca bayar, setelah pake baru bayar…
    Setiap bayar total nya bisa mencapai 1 jt.
    Tapi untungnya saja itu unlimited, 100 rb per bulan, jadi saya masih bisa berinternet ria dengan kuota sepuasnya tanpa harus mengeluarkan banyak uang.
    Tapi sayang nya sudah saya tutup, karna di rumah saya kurang bagus jaringan nya.
    Padahal untung bgt tuh.. “Limited edition, cuma 100 unit, sampe rebutan”

  5. saya pake paket 25.000 sebulan. biasanya seh habis di hari ke-20.
    saya rajin buka pake laptop itu pagi hari… sampe jam 9 karena terhitung dapat bonus. mau buka apa aja termasuk youtube. kadang bikin postingan pagi itu juga. siangnya cuma balas2 komentar.

    saya nggak aktifin internet di HP sepanjang hari. baterenya sering ngedrop kalau diaktifin terus.

  6. sya lebih sering via hape mb.. kebetulan hpnya dual sim, jdi dua2nya sya daftarin paket internet.. klo ditotal keduanya hanya 3000/hari… bila provider yg satu error, kt bs pindah ke yg satunya lagi..

  7. Kalo aku belum daftar paket internet mba’e..
    Blogging pake internet dikantor *Uppss ketahuan
    Media sosial pake Blackberry yang udah sepaket, kalo upload instagram atau download game2 nunggu ada wifi πŸ˜€ Cerdik kannn *cerdik apa ngirit πŸ˜†

  8. Cuma bisa menyimak saja nih mbak Aya.. Ngga punya pengalaman sama sekali soalnya, waktu di Indo, manut2 saja sama adik/kakak, pake ini yg unlimited yo wes nunut, teteh mah soalnya pake cuma buat 5 minggu saja.

  9. sy juga paket kayak mbak yana yg 25 ribu dan benar boros banget ya mbak, aku juga kadang sebulan bisa 3 kali ngisi, keseringan sih buat wipi sm youtube yg bikin cepat abis, tp pas gratisan 6 giga dr jam 1 malam smpe jam 9 pagi, aku buka youtube sm cek wipi biasa pagi sebelum jam 9 dan sisanya lewat kantor aja deh kalo mau wipian lagi,hehe…

  10. ulun pakai si TIGA ka. Yang kartu sekali pakai buang. Lumayan lawas nah di andro belum habis lagi kuotanya. Sudah lebih sebulan kayakna. Tapi kada ingat smlm yg berapa giga. Di modem pakai TIGA juga. Tapi nih ulun di Barabai pakai speedy. Jadi paket datanya ulun nonaktifkan πŸ˜€

  11. Alhamdulillah lebih sering terkoneksi wifi hehe.. Kalau di kamar sebenernya internet pake kabel LAN tapi bisa pakai software connectify yang memancarkan wifi ke gadget. Pakai paket internet juga di hp 10 euro per bulan buat 1 GB. Sejauh ini belum pernah lewat batas. πŸ˜€

  12. Karena kebutuhan internet meningkat, artinya sudah saatnya langganan paket data yang lebih besar. Aplikasi texting ga pernah menyedot bandwith banyak unless aplikasi itu dipake donlot lagu atau video yg dikirim lawan chatting, apalagi dipake voice/video call.

  13. pake unlimited lebih nyaman mbak, ga bingung kuota2an. bisa always on terus. paling cuma speed ja yang turun kalau sudah melewati batas FUP-nya. soal koneksi sih, semua provider di indonesia mmg angin2an. ga ada yang konsisten stabil terus.

  14. Percaya ga percaya.. emang simpati aneh lho.. kuotanya beda. Ak tadinya pake tri.. buat internet harian da download paket 125 ribu dapat 5gb paling sebulan habis 3-4 gb, sudah pake 5 taonan. Kl sering youtuban ya bs 5 gb sebulan. Tp sekarang pindah yg cuma bisa pake telkomsel sinyalnya, eh ga nyangka sehari kegiatan biasa tanpa download or youtube bisa 500mb. Ga ngerti gimana perhitungannya kok beda ma kuota tri. Ak cek pake main game online biasanya sejam cm 10 mb tanpa download update.. pake flash.. wow bisa 100mb. Apa jangan2 1mb sama dengan 10mb ya di telkomsel?!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s