Dua Minggu di Kantor Baru

Satu Oktober 2013,Β  sekitar pukul tujuh pagi, saya tiba di parkiran kantor baru saya di kawasan km 2 kota Banjarmasin. Oleh satpam, saya diberitahu untuk langsung menuju aula kantor yang terletak di bagian depan. Saat tiba di aula, tampak beberapa teman lain sudah menunggu. Segera saya bergabung dengan teman-teman baru saya tersebut. Kami semua berdelapan belas, dengan lima belas laki-laki dan tiga orang perempuan, termasuk saya sendiri.

Kurang lebih sepuluh menit menunggu, kami berdelapan belas kemudian diperintahkan memasuki aula. Beberapa petinggi perusahaan (bagian SDM) kemudian masuk dan memberikan penjelasan seputar peraturan, hak dan tentu saja status kami di kantor baru. Setelah sekitar satu jam briefing dilakukan, kami pun dipersilakan bubar untuk selanjutnya menerima orientasi pertama berupa pengenalan perusahaan. Saat keluar dari aula dua buah mobil telah disiapkan untuk kami semua. Sesuai instruksi, kami akan diajak berkeliling ke lokasi-lokasi instalasi yang dimiliki perusahaan. Ada lima lokasi yang kami kunjungi di hari pertama tersebut. Kelimanya merupakan lokasi instalasi pengolahan air yang merupakan bidang utama dari kantor tempat saya bekerja sekarang.

Keesokan harinya, lagi-lagi kami diminta berkumpul di aula terlebih dahulu sebelum mulai bekerja. Untuk hari kedua ini, pihak manajemen perusahaan mengumumkan di divisi mana kami akan ditempatkan. Ada yang ditempatkan di bagian produksi, transmisi jaringan, pelaksana, hingga keuangan. Saya sendiri beserta dua orang teman perempuan lain ditempatkan di divisi Aset, yang membawahi bidang program, database dan perencanaan. Oleh bagian aset saya kemudian ditempatkan di bagian perencanaan.

Omong-omong tentang job description, begitu penempatan diputuskan saya diberi sedikit gambaran mengenai hal-hal apa saja yang akan saya kerjakan nantinya. Pertama, saya harus mempelajari EPANET, sebuah software perencanaan perpipaan (saya masih belum terlalu ngerti pemakaiannya). Kemudian, saya juga akan menyusun perencanaan pemasangan pipa berikut RAB-nya. Job description yang sangat menarik sepertinya.

Tentang peraturan perusahaan sendiri, ternyata tak semenakutkan yang saya pikirkan sebelumnya. Jam kerjanya cukup bersahabat, yakni dari setengah delapan hingga empat sore. Bahkan untuk hari Jum’at kami hanya bekerja hingga pukul sebelas. Lalu untuk masalah ibadah (yang muslim) juga ternyata sangat kondusif. Sebuah mushola disediakan di samping kanan komplek kantor. Setiap adzan dzuhur dan ashar saya bisa melihat para karyawan berbondong-bondong menuju mushola tersebut untuk melaksanakan shalat berjama’ah. Setiap kamis ada tausiyah dari seorang ustadz. Dan kemarin saya juga baru tahu kalau ada pelajarang mengaji bagi para karyawan sesudah apel pagi.

Dua minggu bergabung di kantor baru ini, bisa dibilang cukup merasa nyaman berada di dalamnya. Para senior memperlakukan kami dengan baik dan suasana kerja juga cukup kondusif. Meski sebenarnya ada satu hal yang masih menjadi ganjalan di hati saya, namun saya berharap satu saat nanti hal ini bisa berubah pelan-pelan.

51 pemikiran pada “Dua Minggu di Kantor Baru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s