Bicara soal pembuatan tagline, mau tak mau saya langsung teringat pada salah satu adegan dalam buku Perahu Kertas milik Dee. Dalam adegan tersebut. Kugy yang saat itu sedang magang di sebuah biro iklan terlibat dalam rapat pembuatan iklan. Perdebatan seru terjadi, hingga akhirnya Kugy -yang merupakan anak bawang- memecahkan kebuntuan dengan idenya.
Dalam membuat sebuah tagline sendiri, perlu dipikirkan sebuah konsep yang benar-benar akan menarik perhatian konsumen yang dibidik. Malaysia, misalnya. Siapa yang tak kenal dengan tagline Truly Asia-nya. Melalui iklan yang kerap ditampilkan, Malaysia seolah ingin menunjukkan bahwa di sini lho sebenarnya Asia. Di sini terkumpul berbagai bangsa Asia, mulai dari Melayu, Tionghoa hingga India.
Indonesia sendiri sebenarnya juga memiliki beberapa slogan dalam hal pariwisatanya. Mulai dari Visit Indonesia yang cukup sukses di tahun 90-an, hingga yang terbaru Wonderful Indonesia. Namun sayangnya, untuk yang terakhir, sepertinya kurang cukup bergaung di dunia internasional. Entah hal ini disebabkan oleh kurangnya promosi atau memang tagline-nya yang kurang menggigit.
Negara kita merupakan sebuah negara kepulauan terbesar dengan lima pulau besar dan ratusan pulau-pulau kecil yang melengkapinya. Pada pulau-pulau tersebut terdapat berbagai suku, kebudayaan dan adat istiadat yang mungkin takkan habis untuk dieksplorasi. Belum lagi keindahan alamnya. Kita memiliki pantai-pantai indah yang tersebar dari ujung barat hingga ujung timur, gunung-gunung yang megah, laut dengan kekayaan hayatinya dan berbagai keindahan lain yang mungkin belum tereksplor dengan baik. Lalu soal suku, diapit oleh dua benua membuat Indonesia dianugerahi beraneka ragam suku. Mulai dari berkulit terang hingga berkulit gelap. Dan hal ini menjadikan negara lebih berwarna dibandingkan negara ASEAN lainnya.
Ya, warna, itulah yang saya lihat dari kekayaan yang dimiliki oleh negara kita. Karena itu saya putuskan membuat tagline ini untuk Indonesia. SEE THE COLORS OF BEAUTY. Melalui tagline ini saya ingin menunjukkan bahwa Indonesia memiliki sejuta warna keindahan.
Hari ketiga lomba #10daysforASEAN.
apik tagline nya. aku aja baru tau ternyata indonesia punya tagline nya visit indonesia. :3
maksudnya aku baru tau ada tagline wonderful indonesia, setau aku cuma visit indonesia. hehe
Aku juga baru tau setelah nulis ini. Hihi
Makasih, ayyu 🙂
sama-sama mba ayanaa. sukses yaaaa lomba nya hihihi 😀
wah,,bbrp kali bewe baca yg pada ikutan ngontes,,bagus2 ya tagline nya,,gak kalah ma trully asia mba,,cuma kalah cepet ajah ma trully asia,,pemerintah harus lbh serius,,
Iya. Pada keren-keren mba tagline-nya. Saya ada baca beberapa juga
Udah pernah ke Derawan yan?
Belum, muse. Pengen banget ke sana
Tahun kemrn diajakin temen kesana… mahal cuy.. masih belum tega hura2 dengan budget yang luar biasa wakakaka
Yup. Mahal tiketnya. Tapi kata temanku yg kemarin ke sana katanya bagus banget
Ada harga ada rupa yah.. Hahahaha
aaiihh kapan hari pernah bahas kenapa indonesia ga punya tagline kaya truly asia, incredible india, fun taiwan.. adanya visit indonesia, juga wonderful indonesia [paling aneh].. pernah tuh akhirnya dibikin lomba kapan hari, ku ga jelas sapa pemenangnya..
derawan bisa murah kalu nabung dan cari tiket promo.. ayo nabung..
Moga aja ada satu tagline dari peserta yang bisa nyantol ya, mba. Mba tin pernah ke derawan?
Keren taglinenya Yan
makasih, mba. yang lain juga nggak kalah keren, mba 🙂
mantap!!!!
Sankyuuu 🙂