[WC#11] Write about Anything That’s Currently on Your Mind

Beberapa waktu yang lalu, saya iseng membuka-buka lagi cerpen-cerpen yang sudah saya buat. Evaluasi, mungkin bisa dibilang begitu. Kadang, jika membaca tulisan lama saya tersebut, saya merasa tulisan lama saya lebih bagus ketimbang yang sekarang. Namun jika ditelaah lagi, saya juga merasa kalau dari segi teknik, saya mengalami sedikit perkembangan.

Meski begitu, tetap saja ada beberapa hal yang masih menghantui saya hingga saat ini. Pertama, narasi dan deskripsi. Hingga saat ini saya masih belum bisa membuat narasi cerita yang panjang. Pun untuk deskripsi, saya sangat miskin kata-kata. Sungguh saya iri pada para penulis yang bisa menulis cerpen dengan full narasi dan pemilihan kata-kata yang indah.

Hal kedua, pola flashback yang sulit dihilangkan. Ini baru saya sadari setelah membaca lagi cerpen-cerpen saya. Jika dilihat dari sisi positifnya, mungkin ini bisa jadi salah satu kekuatan saya. Tapi kalau nulis pakai flashback melulu kapan tulisan saya berkembang? 😦

Jadi sekarang, saya harus melatih diri untuk nulis dengan alur maju, dan tentunya bikin narasi dan deskripsi yang bagus. Semangat!

25 pemikiran pada “[WC#11] Write about Anything That’s Currently on Your Mind

  1. menurut saya sih..setiap org kan pasti punya ciri khas masing2 dlm bercerita, dan ciri khasnya itulah yg menjadi kekuatannya. Ada seorg penulis cerpen..sy lupa namanya..tapi seorg pengamat cerpen mengatakan bahwa penulis ini kekuatannya di dialog. Penulis cerpen ini sangat miskin dgn narasi dan deskripsi, inti ceritanya lgsung di dapat dari dialog2nya…aduuuh..sy lupa..siapa namanya…saya suka cerpen2nya. Saya sendiri tipe org yang gak terlalu suka dengan cerita yg terlalu banyak narasi dgn kata2 indah..sy lebih suka cerita yg to the point.
    Dan..untuk sy sendiri..justru msh belum nemu nih kekuatan atau ciri saya di mana..masih meraba2… πŸ˜€

  2. bukannya bagus ya mbak sudah punya pola atau pakemnya, tinggal diperkuat aja.
    saya sendiri malah nggak ada pola yang pasti, idenya maju ya bikin maju, idenya mundur, ya bikin mundur, idenya maju-mundur… ya gitu jadinya πŸ˜€

  3. mao pake teknik narasi ato deskripsi ato flashback ato apa deh, itu butuh latihan kita menulis.. tapi biar gimana tetep jadi diri sendiri.. kalu emang antung sukanya flashback yang menjadi kekuatan antung, jangan dikira itu bukan berkembang, tekniknya aja diperdalam.. banyak kog yang melulu suka menulis flashback, tapi makin kesini makin asik diulik tulisannya.. orang menulis punya kekuatan masingmasing deh..
    daku ga gitu suka narasi yang berteletele, tapi kalu enak dibaca dari paragraf pertama, pasti penasaran pengen baca lagi paragraf berikutnya..
    yang penting tetep semangat ya antung..

      • kalu idenya banjir dari flashback, ya jangan ditahan.. dikembangin aja dengan gaya bahasa berbeda.. ide itu yang susah.. orang punya kebiasaan masingmasing..
        ada sodaraku yang suka menulis jurnal penelitian suatu pasar [karena dia kerja di BPS], dia punya kebiasaan ngulik jurnal dari perjalanan, untuk kantornya, daku bacanya bosenin, tapi orang kantornya dan lingkungan dia kog asikasik aja ya bacanya.. ternyata ada juga tipe akademis pembaca tertentu yang butuh detail sampe angka-angkanyapun dibahas, untuk bahan laporanhasilstudi-skripsi-tesis-disertasi.. bahasa akademis beda kan sama bahasa kita? semua orang punya tipe bahasa kog.. juga lingkungan..

      • akhir-akhir ini ngerasa sedikit terbebani juga sih, mba, sama keinginan buat bikin alur maju ini. hehe. makasih masukannya, mba tin. yang penting tetap nulis, kan ya πŸ™‚

      • harus itu, menulis adalah obat lupa.. *kata sapa ya lupa?

        kalu mo nulis jangan mikirin macammacam.. nulis aja.. kebanyakan mikir malah ga jadi nulis karena pertimbangan takut ga enak dibaca, takut dinilai jelek, takut ini ono.. jadi diri sendiri..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s