Penyanyi Playback Bollywwod

Seperti yang semua orang ketahui, film Bollywood identik dengan tarian dan nyanyiannya. Dalam film-film tersebut, kita melihat para aktor-aktor tersebut menari sambil menyanyikan lagu pengiring dengan begitu merdunya. Namun mungkin tak banyak yang tahu siapa suara asli di balik lagu-lagu tersebut.

Saya sendiri baru mengetahui hal ini saat membeli kaset soundtrack Kuch-kuch Hota Hai bertahun-tahun yang lalu. Ya, saking sukanya dengan film India yang satu itu, saya sampai membeli kasetnya. Dan dari situlah saya mengetahui nama-nama seperti Udit Narayan yang suaranya sering kita dengar pada Shahrukh Khan atau Aamir Khan. Ada juga Alka Yagnik (untuk suara Kajol di KKHH), Kavita Khrisnamurty, dan tentunya sang legenda Lata Mangeshkar.

Semenjak mengetahui perihal playback singer ini, maka setiap kali saya menonton film Bollywood, maka selain mencari tahu nama aktor pendukungnya, saya juga akan mencari tahu nama-nama penyanyi playback di film itu. Dan mungkin karena selalu mengecek nama penyanyi playback tersebut, saya kadang dengan mudahnya bisa menebak suara siapa yang digunakan untuk artis mana.

Seiring dengan perjalanan waktu, perputaran pun terjadi. Nama-nama yang dulunya terkenal di tahun 90-an kini mulai tenggelam dan digantikan oleh nama-nama baru. Jika di tahun 90-an saya biasa melihat nama Udit Narayan dan Alka Yagnik pada kredit title, maka di tahun 2000-an saya pun mulai diperkenalkan dengan nama-nama baru. Mohit Chauhan, Shaan, Kay-kay, adalah nama beberapa penyanyi playback pria yang saat ini cukup sering dipakai.

Adapun untuk penyanyi playback wanita, saya yakin sekali untuk saat ini tidak ada yang bisa menyaingi dua penyanyi playback yang satu ini, Shreya Ghosal dan Sunidhi Chaudan. Shreya Ghosal pertama kali saya dengar suaranya di film Devdas, di mana di sana dia menjadi pengisi suara untuk Paro yang diperankan oleh Aishwarya Rai. Suaranya jernih luar biasa.

Sedangkan Sunidhi Chaudan, dia merupakan penyanyi playback yang suaranya paling sering digunakan untuk pemeran utama wanita di film-film Bollywood. Mungkin iniΒ  dikarenakan suaranya yang nge-rock dan cocok untuk semua artis.

Berikut adalah penampilan kedua penyanyi keren ini:

Shreya Ghosal

versi film

Sunidhi Caudhan

versi film

14 pemikiran pada “Penyanyi Playback Bollywwod

  1. duluuu..pernah nonton film india, luamaaa dan seru, ada nangisnya, ada ketawanya. tapi makin ke sini, jadi makin males nonton film apapun, berasa sayang waktunya. hehe…

  2. gw suka suaranya Sonu NIgam πŸ™‚ dan kayaknya ini playback singer yang bisa dibilang “ganteng” hahahaha *penting banget*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s