The Godfather

Kadang terpikir di benak saya, jika Michale Corleone tidak membunuh Virgil Solozzo, apakah garis kehidupannya akan berubah? Akankah ia bisa menjalani kehidupan normal seperti yang awalnya ia inginkan? Atau tetap ada jalan lain yang pada akhirnya menggiring dia menuju takdirnya, menjadi seorang Godfather?

Ya, saya baru saja menyelesaikan dua versi The Godfather. Versi novelnya yang ditulis Mario Puzo, serta trilogi filmnya yang dibuat oleh Ford Coppola. Baik buku maupun filmnya sama bagusnya. Sama-sama membuat saya merinding dan sama-sama sulit dilupakan.

Di mata saya sendiri, Michael Corleone sebenarnya adalah sosok yang romantis. Dia tidak se-pemberang Sonny, juga tidak segugup Fredo. Dan jangan tanya bagaimana dia mencintai keluarganya. Bukankah itulah alasan mengapa ia akhirnya membunuh Virgil Solozzo? Juga pembunuhan-pembunuhan lain yang dilakukannya setelah menjadi Godfather.

Jika ada satu hal yang paling disesalkan dari tindakan Michael, maka itu adalah keputusannya membunuh Fredo, sang kakak. Sulit rasanya dimengerti bagaimana Michael yang berhati lembut bisa melakukan hal seperti itu. Namun seperti yang dikatakannya pada Kay bertahun-tahun setelah perpisahan mereka, ia melakukan semua hal tersebut untuk melindungi orang-orang yang dicintainya. Ayahnya. Istri dan anak-anaknya. Keluarganya.

Michael Corleone memang tak memiliki kharisma sebesar sang ayah, Vito Corleone. Rasa cinta yang begitu besar pada keluarga juga membuatnya melakukan keputusan yang tak lazim. Namun mungkin disitulah daya tarik terbesar seorang Michael Corleone. Dia romantis dengan caranya sendiri. Dan meski tak suka dengan rangkaian pembunuhan yang telah dilakukannya, juga turut bersedih akan akhir hidupnya, saya selalu suka dengan romantisme antara Michael dengan Kay, wanita yang selalu dicintainya itu.

NB : Gambar pinjam dari sini.

32 pemikiran pada “The Godfather

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s