Pemenang Lomba Cerpen Femina 2012

DSC09127

Sebenarnya pemenang dari lomba cerpen Femina ini sudah diumumkan beberapa bulan yang lalu. Tepatnya pada majalah Femina edisi 01/XLI yang terbit tanggal 5-11 Januari 2013 lalu. Namun mengingat saya sempat berpartisipasi dalam lomba ini, mungkin tidak ada salahnya kalau saya tuliskan nama-nama para pemenang tersebut. Juga beberapa pendapat dari dewan juri.

Berdasarkan yang saya baca, pada lomba cerpen Femina tahun 2012 ini ada 2216 naskah yang harus bersaing untuk bisa menjadi juara. Jumlah yang 4 kali lebih banyak dari lomba yang sama yang diadakan tahun sebelumnya.

Menurut ketua dewan juri, Leila S. Chudori, dari sekian banyak naskah. sebenarnya banyak ide cerita yang sangat bagus dan unik, tapi dieksekusi dengan narasi dan pola pikir yang kurang runut.

“Ada yang bahasanya sudah terpelihara, tapi memperkenalkan terlalu banyak tokoh, sehingga membuat pembaca kebingungan,” tutur penulis yang baru meluncurkan novel berlatar 1965 berjudul Pulang, ini.

“Penulis yang memakai sudut pandang orang ‘aku,’ seharusnya bisa lebih menyelami dan mengungkapkan perasaan tokoh yang ia narasikan,” ungkap Leila.

Namun, banyak kisah bersudut pandang orang pertama yang sekadar bernarasi panjang seperti membuat surat, tapi tidak menciptakan dialog apapun, sehingga nyaris tanpa dinamika.

Meski demikian, juri tidak butuh waktu lama untuk menentukan karya-karya yang layak menjadi pemenang. Beberapa cerpen dinilai cukup memenuhi semua kriteria: tema, bahasa, alur cerita, orisinalitas, logika hingga gaya bahasa.

Cerpen-cerpen yang terpilih ini, meski ada yang diantaranya mengisahkan kesedihan, berhasil menyiratkan pesan dan semangat positif yang mengajak pembaca ikut bercermin.

Berikut adalah daftar para pemenang lomba cerpen Femina 2012:

Pemenang I : “Tetanggaku” karya Poppy Siahaan (Wiesbaden, Jerman)

Pemenang II : “Yang Pergi & Yang Kembali” karya Nimas Aksan (Cirebon, Jawa Barat)

Pemenang III: “Kematian Keempat” karya Beni Setia (Madiun, Jawa Timur)

Catatan: Beberapa kalimat saya kutip langsung dari majalah Femina

5 pemikiran pada “Pemenang Lomba Cerpen Femina 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s