Lupa Beli Paket Data

Gara-gara lupa beli paket data, saya kehilangan pulsa puluhan ribu rupiah. Sialnya, hal ini bukan terjadi satu kali, melainkan 3 kali. Bayangkan dalam tiga minggu saya harus mengeluarkan tiga ratus ribu rupiah hanya untuk pulsa, sementara gaji saya terbatas, dan masih banyak keperluan saya yang lain. It’s too much!

Jadi ceritanya minggu lalu saya menghubungi operator selulerΒ  si Merah untuk menanyakan tentang terpotongnya pulsa saya dalam jumlah yang cukup besar hanya dalam waktu satu hari setelah saya mengisi pulsa. Saya mengisi pulsa 100 ribu rupiah, dan hari berikutnya pulsa saya tersisa 30 ribu. Cukup banyak, bukan? Oleh mba Caroline, saya kemudian diminta menunggu selama 3×24 jam untuk kepastian pemakaian pulsa saya selama hari itu.

Sebenarnya waktu itu bukan kali pertama saya merasa kehilangan pulsa. Minggu sebelumnya juga hal seperti itu terjadi. Namun waktu itu saya belum berpikir untuk menghubungi pihak operator. Baru setelah kejadian kedua, saya memutuskan menghubungi operator. Mungkin hal itu karena pemotongan pertama terjadi setelah satu minggu pulsa saya terisi, sedang pemotongan kedua terjadi hanya satu hari setelah pulsa saya terisi.

Setelah dua hari menunggu dan tak kunjung mendapat kabar, saya pun menghubungi pihak si Merah lagi. Dalam percakapan kedua ini, saya diberitahu kalau terpotongnya pulsa saya adalah karena pemakaian internet yang tidak menggunakan paket data. Untuk si Merah, tarif internet normal adalah 1 Rp/kb. Jadi jika saya menghabiskan 50 ribu untuk internetan, berarti dalam satu hari itu saya menghabiskan 50 Mb. Alamak! buka apa aja saya waktu itu?

Awalnya saya sempat berdebat dengan operator yang melayani saya kala itu. Saya bilang, hari itu memang saya belum beli paket data. Tapi itu karena saya menggunakan wifi kantor untuk internetan. Masa iya di saat saya menggunakan wifi kantor pulsa saya tetap kepotong? Begitu tanya saya.

Atas pertanyaan saya itu, mbak operator menjelaskan bahwa bisa saja ketika saya menggunakan wifi kantor itu paket data saya tidak dimatikan dulu, jadi pulsanya ikut terpotong. Mendengar jawaban itu, saya hanya bisa diam. Ada benarnya juga sih. Bisa jadi pulsa saya terpotong karena saya tidak mematikan paket data saat menggunakan wifi. Jadi di ketika saya internetan wifi saat tidak jalan, operator akan langsung memotong dari pulsa reguler saya atas pemakaian data internet.

Memang sih waktu sempat terpikir di benak saya kalau terpotongnya pulsa ini karena saya tidak memperpanjang paket data yang selama ini saya gunakan untuk ber-internet ria. Biasanya, saya menggunakan paket Flash 17 ribu untuk satu minggu dengan kapasitas 170 MB. Nah, waktu itu memang pas banget jatah 170 MB itu sudah habis. Namun waktu itu saya mikirnya, toh di kantor saya internetan menggunakan wi-fi, jadi nggak apa-apa kali ya kalau beli paket data-nya ntar dulu. Ternyata yang terjadi saya malah kehilangan pulsa πŸ˜€

Nah, satu minggu setelah kejadian hilangnya pulsa itu, lagi-lagi saya lupa memperpanjang paket data mingguan saya. Dan sama seperti yang sebelumnya, pulsa saya lagi-lagi kepotong. Dari awalnya 100 ribu tersisa menjadi 40 ribu saja. Asli ya, kalau gini terus-terusan saya bisa tekor. Apa sebaiknya saya ganti paket bulanan saja? Atau membeli kartu baru dari operator lain untuk internetan?

NB : Gambar pinjam dari sini.

52 pemikiran pada “Lupa Beli Paket Data

  1. saya pake Always On gratis akses 10 situs, 1 bulan 10ribu..bonus data 50 MB per bulan.. kalo kuotanya abis, tinggal beli kuota data lagi 5000 per 100 MB..

  2. ulun pakai yang 60 ribu ka per bulan. 1 GB, trus bunus 1 GB buat 3G jar. Kada tahu lagi cukup atau kadanya sampai sebulan. Perdana makai di andro. Bulan tadi pakai simcard yang dari modem πŸ˜€

  3. gak mau pake simpati lagi buat internet. licik. pemberitahuan paket akan habis tanggal 3. maka aku sediakan pulsa untuk dipotong, tapi sampe tanggal 5 belum kapotong juga. nah pulsa 25 rb kepake langsung sama anakku yg download google play.

    pernah juga kejadian di tablet mertua. sampe tanggal yg ditentukan belum terpotong juga. akhirnya aku daftar lagi aja. kupilih 25 rb 600 mb 30 hari. tapi apa yang terjadi? paket yang terdaftar malah 20 rb sekian mega, 7 hari. padahal ga ada pilihan paket itu di menu.

    jadi simpati cuma buat nerima pesen dan telpon, gak buat internetan.

  4. sekarang di tablet pake 3 aja. perdana baru 25 ribu 2.1 gb berlaku setahun, tiap bulan tambah otomatis 50 mb. sinyal di kantor juga bagus. kalo habis quota tinggal pake kartu baru lagi. yang bekas disimpan dulu, bulan terakhir pake lagi, ngabisin sisa 50mb x sekian bulan

  5. Iya betul pake android jatuhnya boros bgt kalo gag pk paket unlimited, dulu waktu pake nokiyem pake flash sebulan 20ribu sering ga abis. Kmrn nyoba gag pake unlimited….super boros jatuhnya. Akhirnya gw pake unlimited lagi. Tempo hari sempet pake simpati di andro, tp berhubung paket data kuotanya cepet habis dan mahil. Akhire pake Axis unlimited 30rb

  6. kalo aku BB pake si merah juga, paket promo 3 bulan 90 ribu.
    kalo pulsa habis tinggal isi 5 ribu udah bisa aktif lagi.
    ga tau neh kalo paket promonya habis tetep pakai atau ganti yg lain.
    si merah emang bagus tapi mihil πŸ˜€

    • iya ada peringatannya. klo kasus pertama itu, saya lengah. ngerasa masih ada sisa 4 mb jadinya ntar-ntar aja beli paket datanya. toh di kantor pakai wifi. taunya pulsanya kepotong.
      klo kasus terbaru, sebenarnya udah kirim sms, tapi saya lupa kirim sms kedua jadi paketnya nggak aktif πŸ˜€

  7. kaka ya.. aku make yg 50 rebu/bulan. Malah biasanya quotanya bersisa :D.. sama dengn kasusku juga tempo hari. make wifi tetangga inte kok yaaaa pulsaku tekoooor! ternyata krn paketannya ga dmatiin πŸ˜€

    jadi mulai skg, kudu teliti kalau mau inetan πŸ™‚

  8. tiwi juga pake yg paket 50rb (1,2GB) mba, trus pilih yang langganan..
    pake andro boros soalnya dia minta updet software (kayak instagram, whatsap) optional sii
    kalo pake kartu lain kayaknya harus punya hp 2 nii.. satu buat telpon satu buat inetan hehehe πŸ˜€

  9. ah iya..make andro tuh boros ya..dulu waktu pake Nokia E63 pake Always On 10ribu tuh kuotanya suka sisa2..buat nonton video di youtube berkali2 ok2 aja, gak ngabisin kuota..sekarang, baru dipake nonton video di youtube 3x aja, kuota langsung drop..hiks..

  10. 300rb? bisa dapet 15Gb tuh di 3. Saya pakai 3 yang pascabayar. Langganan 100rb dapat 5GB unlimited. Kekurangannya: kalau benar2 habis quotanya akan sangat lemot banget.

    Soal Andro boros internet, sebenarnya balik lagi ke masing-masing. aplikasi apa saja yang diaktifkan. kemudian, seperti apa yang dijalankan di andronya. apakah automatic atau tidak.
    Kita harus hati-hati saat download aplikasi di play store. Perhatikan automatic update-nya gimana. so far saya pakai andro sih merasa fine dan wajar soal quota internet saya. kalau pakai BB, saya pakai mentari yang sediakan fitur langganan bbm + email saja (krn memang bb saya hanya dipakai utk itu). Iphone juga sebenarnya memakan internet cukup banyak. kembali lagi adalah setting dari handphone dan aplikasi yang diinstalnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s