Mengolah Mandai

Di tempat saya, musim cempedak berarti musim mandai. Mandai adalah penganan yang dibuat dari kulit cempedak. Untuk mengolahnya, kulit cempedak yang sudah dibersihkan direndam dulu dengan air bersih selama beberapa jam. Setelah kulit mulai lunak, baru deh dikasih garam trus digoreng kayak biasa. Bisa juga dicampurin ke sayur oseng-oseng.

Berhubung cempedak itu musiman, maka biasanya mandai ini diawetkan. Untuk mengawetkannya, cukup diberi garam, dan mandai bisa disimpan hingga beberapa bulan seperti yang dilakukan ibu saya. Jangan lupa sebelum dimasak mandai direndam air dulu biar ga keasinan pas dimasak.

Beberapa hari yang lalu, ibu saya mengawetkan satu toples kecil mandai. Berhubung hari itu saya lagi rajin masak, maka isenglah saya mengolah mandai tersebut. Pertama-tama mandai dicuci bersih, lalu dipotong-potong. Setelahnya mandai tersebut saya goreng. Karena udah direndam air garam jadi ga perlu dikasih garam lagi. Kata ibu saya biar enak kasih vetsin aja. Tapi karena saya udah jarang masak pakai vetsin, akhirnya diganti merica aja 😀

mandai sebelum digoreng

mandai sebelum digoreng

mandai setelah digoreng

mandai setelah digoreng

Setelah mandai digoreng, saya lihat di lemari masih ada tempe dan ikan sepat kering yang nggak habis dimakan. Akhirnya saya iris-iris bawang putih, cabe ijo, plus tomat. Bawang ditumis sampai harum, masukin tempe dan ikan sepat, mandai, cabe dan tomat. Bumbunya saya kasih garam sedikit, gula dan sedikit saus tiram. Begitu masak, saya coba cicipi hasil masakan saya. Tempe dan ikan sepat sih oke. Tapi pas nyicip mandainya, alamak, asiiin! Rupanya saya kurang lama merendamnya sebelum digoreng tadi :))

hasil olahan mandai ala ayana

hasil olahan mandai ala ayana

40 pemikiran pada “Mengolah Mandai

    • Saya juga sering dikasih tau gitu, teh. Tapi klo masak telur pakai.garam dan gula aja pasti rasanya.kurang. Hehe
      Iya cempedak itu yg kayak nangka. Di sini kulit nangka dimasak buat sayur lodeh 🙂

  1. oh ini yg diceritakan yanti
    jadi hilang deh penasaran saya dengan mandai

    kalau digoreng tepung jadinya kayak bakwan gitukah mbak?

  2. Mama d rumah juga hobi membuat mandai,mba.. mandai tu kalo disimpan lebih lama,rasanya lebih gurih ya mbak, klo aku cara masaknya kurng lbih sama,tpi ga pake ikan sepat sama tempe,mandainya aj di iris kecil2,terus pake bawang merah sama cabe ijo yang banyak bgt..sedap bngt mkn nasi pake mandai,tpi klo tiwadak lagi musim aja bisa bikin mandai..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s