Yang penting udah nyoba

Beberapa waktu yang lalu, Femina, salah satu majalah wanita ternama di Indonesia mengadakan lomba bertajuk Sayembara Cerpen dan Cerber Femina 2012 dengan hadiah yang sangat menggiurkan. Sebagai penulis pemula, jelas saya tertarik mengikuti lomba ini. Bukan semata karena hadiah yang ditawarkan, namun juga sebagai bentuk tantangan untuk diri sendiri.

Maka dimulailah proses penulisan cerpen yang akan saya ikutkan lomba tersebut. Awalnya saya berencana memoles beberapa cerpen yang pernah saya buat. Namun godaan lain menggagalkan rencana saya tersebut. Alih-alih mengirimkan cerpen-cerpen tersebut untuk lomba, saya malah mengirimkannya ke beberapa majalah -yang sampai hari ini belum ada kabarnya.-. Perkiraan saya kala itu, saya masih akan sempat membuat cerpen baru dalam kurun waktu 2 bulan.

Masalah muncul ketika tenggat waktu pengiriman cerpen kurang dari satu bulan. Adanya tanggung jawab baru di kantor membuat saya kehilangan semangat untuk menulis. Belum lagi saya termasuk orang yang kurang produktif dalam menghasilkan cerpen. Jadilah ketika seorang kakak memberitahu bahwa deadline pengiriman cerpen adalah tanggal 30 Nopember dan bukannya 31 Desember seperti yang saya pikir sebelumnya, saya kalang-kabut seketika.

Untungnya saya memiliki beberapa draft tulisan yang belum sempat terselesaikan. Akhirnya dengan dua hari waktu tersisa saya berusaha menyelesaikan naskah cerpen yang kala itu baru mencapai 4 halaman, dan alhamdulillah selesai! Setelah melengkapi segala persyaratan naskah itupun dikirim pada sore hari di tanggal 29 Nopember 2012.

Sesuai dengan yang dijadwalkan, pemenang dari lomba cerpen Femina diumumkan pada awal Januari. Sebelumnya, saya sudah mendapat info kalau naskah yang masuk lomba cerpen tahun ini jumlahnya melebihi angka seribu. Dengan jumlah naskah sebanyak itu, jelas kecil sekali kemungkinan bagi saya untuk menang. Meski begitu, saya tetap bersemangat untuk mengetahui siapakah juara lomba cerpen Femina tahun ini.

Kamis sore, saya pun mendatangi penjual majalah langganan saya. Tanpa banyak bicara saya langsung membuka lembar demi lembar halaman majalah. Memasuki halaman terakhir, akhirnya saya menemukan pengumuman yang saya cari-cari. Dan seperti perkiraan, saya tidak menang. Kecewa? Sama sekali tidak. Karena meski tidak berhasil menjadi pemenang saya setidaknya sudah memenangkan tantangan yang saya berikan pada diri saya sendiri. Yang penting saya sudah mencoba!

NB : Masih ada lomba cerbung yang akan berakhir tanggal 31 Januari ini. Saya masih berusaha menyelesaikan naskah yang baru berjumlah 8 halaman. Semoga yang ini juga sempat.

37 pemikiran pada “Yang penting udah nyoba

  1. saya juga berencana ikut lomba ini. cerpen udah dibuat, tapi sayangnya selesainya gak tepat waktu. gak ada waktu lagi buat ngirim naskah.
    😦

  2. suka deh semangatnya antung.. yang penting mencoba.. jadi kita tahu setelah mencoba.. jadi inget pesan babe, orang gagal adalah orang yang ga mau mencoba..
    semoga cerpennya tembus ya..

  3. emang beneran sudah diumumkan ya pemenangnya? maksud saya untuk cerpen femina 2012 lalu? kok tidak di share di internet?

    boleh tahu pemenangnya siapa saja nggak mbk? trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s