my eyes



Kacamata merupakan salah satu benda yang sangat penting keberadaannya dalam hidup saya. Dia termasuk benda pertama selain handphone yang saya cari ketika bangun tidur. Karena itulah bukan hal aneh jika saya tak pernah meletakkan kacamata jauh dari tubuh. Bahkan kadang saya memakainya saat tidur.


Perkenalan pertama saya dengan benda berlensa cekung ini dimulai ketika duduk di bangku kelas 5 SD. Saat itu saya mengalami kesulitan untuk membaca tulisan-tulisan yang ada di papan tulis. Apalagi kala itu saya duduk di deretan bangku nomor dua dari belakang, yang membuat kesulitan itu semakin terasa. Akhirnya karena semakin sulit mengikuti pelajaran, saya memutuskan memeriksakan diri ke puskesmas.

Saat melakukan pemeriksaan mata ke Puskesmas inilah mata saya divonis menderita rabun jauh. Tidak tanggung-tanggung, minus dua langsung diberikan baik kepada mata kanan maupun mata kiri saya. Dengan minus yang cukup besar seperti itu, maka mau tidak mau saya harus mengenakan kacamata ke sekolah.

Selama sekian tahun hidup dengan alat bantu penglihatan ini, bisa dibilang saya termasuk orang yang sangat jarang memeriksakan kondisi mata saya. . Alasan utamanya sih, saya takut kalau minus saya bertambah. Karena itulah saya baru akan memeriksakan mata saya jika kacamata yang saya kenakan sudah tidak cocok lagi dengan mata saya. Ada dua kemungkinan sebenarnya jika kacamata sudah tak cocok lagi. Minus bertambah, atau berkurang. Namun untuk saya, setiap kali kacamata mulai tak cocok, itu artinya saya harus siap angka yang lebih besar. Dan benar saja. Setiap kali periksa mata, minus saya pasti bertambah. Dari dua menjadi tiga. Dari tiga menjadi empat, dan itu adalah angka terakhir yang saya ketahui saat periksa mata tahun lalu.

Sekarang, saya kembali merasa kacamata yang saya kenakan mulai tak bersahabat. Ketika harus bekerja di depan komputer, saya merasa tulisannya berbayang-bayang. Saya coba atasi dengan menurunkan tingkat kecerahan monitor, tulisan sedikit jelas, namun tetap berbayang. Ah, apakah sudah waktunya saya berganti kacamata lagi?

Gambar dipinjam dari sini.

95 pemikiran pada “my eyes

  1. faraziyya said: Wah, kenapa gambarnya ga kacamata asli mb sndiri?Skrg minus brp? Atw silindris?

    lagi males motret. hihihi. tapi kacamataku modelnya begitu kok :)terakhir minus 4. sekarang sih belum tau. masih males meriksa 😀

  2. ulun pke kcmt dr kelas 1 smp, gara2 ga liat tulisan bu guru di papan tulis, nilainya jd anjlok. pas periksa trnyata minus 1 kanan kiri. Sampai dgn skrg msh pke kcmt n ga bs lepas dr kcmt, pdhl minus skrg ga byk2 amat, cuma minus 2 kyknya (mpe lupa sm minusny krn udh lama ga periksa mt, hehe). ulun kalo lepas kcmt, jd tuli ka, hihi, aneh ya? tp nyata!minus 4 tebel bener brarti, ulun pernh nyoba kcmt kwn ulun yg minus 4, srasa mlht di dlm air, pusingg, hehe

  3. Pikiran iseng saya: sempat pengin pake kacamata biar keliatan intelek. Tapi, setelah coba2 pake, nggak asyik ya. Ada beban gitu nggantung di ujung idung :DKalo sudah kebutuhan sih, bukan masalah keren2an lagi ya… Hehehe

  4. ya ampun aku tuh paling males pake kacamata minusku, kecuali pas di dalam kelas hehe… sekarang udah gak ngajar lagi jadi tambah males pake kacamata xixixix iya sama tuh kalo pake monitor yang tabung ngaruh banget kontrasnya ke mata, harus seredup mungkin baru bisa nyaman, makanya susah kalo ke warnet kelamaan ngatur brightness-contrast dulu sebelum pake, xixixiixxsekarang mah pake leppie sendiri terus, jadi mata nyaman hehe

  5. Sepertinya saya juga sudah saatnya berganti kaca mata, sudah kurang nyaman. selain memang ada sedikit bagian yang retak (tapi tidak mengganggu sih).Kadang saya juga takut gitu, mbak kalau periksa, kalau naik gimana ya *takut menghadapi kenyataan. :DTapi seringnya saya malah lupa pakai kacamata ke mana-mana. inget kalau pas di depan komputer saja he..he.. saya silinder 1/2

  6. aku ngerasa minusku udah gede, mbak…kebetulan kemarin ada mbak-mbak ngajak ngobrol, dia cerita sendiri minusnya parah: 9… pantes frame-nya tebel *tadinya kukira cuma kacamata model :|alhamdulillah… dia aja masih bersyukur tanpa operasi apapun… dan masih setia dengan gowesannya kemana-mana.Kita masih beruntung, mbak…kalau nambah, itu artinya kita musti siap lebih baik lagi menu makannya… banyakin karoten, syukur-syukur ada asupan vitamin juga… *pernah berkurang seperempat 😀

  7. saya ngerasa mmata juga udah minus…. cuma seumur2 belm pernah periksa mata…. eh… waktu bikin SIM sama tes kesehatan masuk kategori periksa bukan yah?

  8. banyak makan sayur.. ku juga pake kacamata kog.. minus 1.5 duaduanya.. seiring berumur, jadinya rabun dekat deh.. makin plus umur kita, makin plus juga mata kita..

  9. iya niih.. tiwi juga kayaknya nambah deh minusnya.. @_@ makin lierrr kaloo liat orang apalagi kerjaan ehehehehhe :Dklo periksa lagi pasti ketauan nambah dan kudu ganti lensanya.. huh maleesss…

  10. faraziyya said: Wah, kenapa gambarnya ga kacamata asli mb sndiri?Skrg minus brp? Atw silindris?

    lagi males motret. hihihi. tapi kacamataku modelnya begitu kok :)terakhir minus 4. sekarang sih belum tau. masih males meriksa 😀

  11. mouleedeea said: Sepertinya saya juga harus periksa mata.. Kalo liat tulisan yg agak jauh suka kurang jelas.

    periksa aja, bude. tapi klo minusnya masih 1 itu biasanya masih bisa dipaksa nggak pake kacamata 🙂

  12. ulun pke kcmt dr kelas 1 smp, gara2 ga liat tulisan bu guru di papan tulis, nilainya jd anjlok. pas periksa trnyata minus 1 kanan kiri. Sampai dgn skrg msh pke kcmt n ga bs lepas dr kcmt, pdhl minus skrg ga byk2 amat, cuma minus 2 kyknya (mpe lupa sm minusny krn udh lama ga periksa mt, hehe). ulun kalo lepas kcmt, jd tuli ka, hihi, aneh ya? tp nyata!minus 4 tebel bener brarti, ulun pernh nyoba kcmt kwn ulun yg minus 4, srasa mlht di dlm air, pusingg, hehe

  13. nora23 said: ulun pke kcmt dr kelas 1 smp, gara2 ga liat tulisan bu guru di papan tulis, nilainya jd anjlok. pas periksa trnyata minus 1 kanan kiri. Sampai dgn skrg msh pke kcmt n ga bs lepas dr kcmt, pdhl minus skrg ga byk2 amat, cuma minus 2 kyknya (mpe lupa sm minusny krn udh lama ga periksa mt, hehe). ulun kalo lepas kcmt, jd tuli ka, hihi, aneh ya? tp nyata!minus 4 tebel bener brarti, ulun pernh nyoba kcmt kwn ulun yg minus 4, srasa mlht di dlm air, pusingg, hehe

    lho kok bisa? aku klo kada pake kacamata yaa..meraba-raba jadinya :Dkepikiran pake contact lens tapi masih belum wani

  14. faraziyya said: Dari kelas 5sd sih ya, sy dr kelas 9 dan sekarang minus 3,5

    wah, lumayan juga tuh. aku keseringan baca buku sambil rebahan kayaknya waktu itu. nonton tivi juga jaraknya terlalu dekat. sekarang mah pastinya kena radiasi monitor 😀

  15. museliem said: wow… temenku udah minus 8, trus di-lasik skg jadi minus satu udah ga pake kacamata lagi….Smg itu tanda minusnya berkurang yah yana…

    minus 8? kanan kiri, muse? itu gimana kacamatanya, ya? moga-moga nggak sampe segitu minusku

  16. kd tau jua ka, maka nya kd bs kd pke kcmt. slain ga jelas mlht, pndngrn jg ga jelas, hehesama ka, ulun kd wani pke contact lens. sempat trpikir pngobatan alternatif yg tabib di bjm tu ka, menghilangkn minus tnp operasi. tp msh kd wani n kd yakin jua, hee

  17. nora23 said: kd tau jua ka, maka nya kd bs kd pke kcmt. slain ga jelas mlht, pndngrn jg ga jelas, hehesama ka, ulun kd wani pke contact lens. sempat trpikir pngobatan alternatif yg tabib di bjm tu ka, menghilangkn minus tnp operasi. tp msh kd wani n kd yakin jua, hee

    adingku padahal tiap hari pakai lensa kontak. tapi inya gasan penampilan aja pang. hehe

  18. Pikiran iseng saya: sempat pengin pake kacamata biar keliatan intelek. Tapi, setelah coba2 pake, nggak asyik ya. Ada beban gitu nggantung di ujung idung :DKalo sudah kebutuhan sih, bukan masalah keren2an lagi ya… Hehehe

  19. lafatah said: Pikiran iseng saya: sempat pengin pake kacamata biar keliatan intelek. Tapi, setelah coba2 pake, nggak asyik ya. Ada beban gitu nggantung di ujung idung :DKalo sudah kebutuhan sih, bukan masalah keren2an lagi ya… Hehehe

    iya, tah. krn udah pake kacamata, nggak bisa keren-kerenan make kacamata item jadinya 😀

  20. ya ampun aku tuh paling males pake kacamata minusku, kecuali pas di dalam kelas hehe… sekarang udah gak ngajar lagi jadi tambah males pake kacamata xixixix iya sama tuh kalo pake monitor yang tabung ngaruh banget kontrasnya ke mata, harus seredup mungkin baru bisa nyaman, makanya susah kalo ke warnet kelamaan ngatur brightness-contrast dulu sebelum pake, xixixiixxsekarang mah pake leppie sendiri terus, jadi mata nyaman hehe

  21. srisariningdiyah said: ya ampun aku tuh paling males pake kacamata minusku, kecuali pas di dalam kelas hehe… sekarang udah gak ngajar lagi jadi tambah males pake kacamata xixixix iya sama tuh kalo pake monitor yang tabung ngaruh banget kontrasnya ke mata, harus seredup mungkin baru bisa nyaman, makanya susah kalo ke warnet kelamaan ngatur brightness-contrast dulu sebelum pake, xixixiixxsekarang mah pake leppie sendiri terus, jadi mata nyaman hehe

    mba ari minusnya berapa? saya malah nggak tau mba ari pake kacamata. xixixi

  22. dhaimasrani said: samaaaa :))pokoknya kalo bangun tidur langsung ngraba di balik bantal saja saya :))

    waa..sama sekalinya. kadang kacamata-nya ketindih badan malah 😀

  23. Sepertinya saya juga sudah saatnya berganti kaca mata, sudah kurang nyaman. selain memang ada sedikit bagian yang retak (tapi tidak mengganggu sih).Kadang saya juga takut gitu, mbak kalau periksa, kalau naik gimana ya *takut menghadapi kenyataan. :DTapi seringnya saya malah lupa pakai kacamata ke mana-mana. inget kalau pas di depan komputer saja he..he.. saya silinder 1/2

  24. ayanapunya said: nggak ada minusnya ya? klo silinder itu nggak bisa liat garis lurus kan?

    ga ada minusnya.Iya, efeknya membayang kalau lihat obyek pada jarak tertentu.

  25. ayanapunya said: mba ari minusnya berapa? saya malah nggak tau mba ari pake kacamata. xixixi

    min 2xixiixx gak pernah suka foto pake kacamata minus yang biasa, jadi jarang bgt keliatan pake yah… tapi kalo sunglasses suka banget, soalnya bikin mata tambah adem, gak pernah bisa berada di ruangan yang terlalu terang juga, soalnya jadi sakitttt sama seperti waktu ngadep kompi, mataku gak kuat sama sinar lampu yang terlalu terang… makanya paling suka sama kacamata minus yang colomatic, jadi waktu kena sinar matahari berubah jadi gelap hehe… nyaman buat kalo pas lagi nyetir…

  26. farikhsaba said: ga ada minusnya.Iya, efeknya membayang kalau lihat obyek pada jarak tertentu.

    katanya klo silindris itu ga bisa baca buku di mobil ya? bisa mual katanya? bener ngga?

  27. ayanapunya said: katanya klo silindris itu ga bisa baca buku di mobil ya? bisa mual katanya? bener ngga?

    alhamdulillahmasih bisa, mbak. Tapi memang ga nyaman. Kalau yang saya alami adalah pusing kalau berada di tengah orang-orang banyak. entah efek silindernya atau yang lain. pengalaman pas di IBF Jakarta kemarin, saking banyak orang jadi pusing. tapi baru pertama itu mengalami pusing semacam itu.

  28. anchaanwar said: -4 plus silindris 0.75 di kedua mata :(Keknya sdh susah turun kecuali dilasik :s

    iya klo minus empat kayaknya susah, cha. yang masih bisa turun itu di bawah minus 2 biasanya

  29. farikhsaba said: alhamdulillahmasih bisa, mbak. Tapi memang ga nyaman. Kalau yang saya alami adalah pusing kalau berada di tengah orang-orang banyak. entah efek silindernya atau yang lain. pengalaman pas di IBF Jakarta kemarin, saking banyak orang jadi pusing. tapi baru pertama itu mengalami pusing semacam itu.

    ooo..klo aku selama ini belum pernah pusing sih 🙂

  30. ayanapunya said: minus 8? kanan kiri, muse? itu gimana kacamatanya, ya? moga-moga nggak sampe segitu minusku

    pas aku kenal sama dia, dia udah dilasik.. tahun 2002an gitu klo ga salah dilasiknya

  31. aku ngerasa minusku udah gede, mbak…kebetulan kemarin ada mbak-mbak ngajak ngobrol, dia cerita sendiri minusnya parah: 9… pantes frame-nya tebel *tadinya kukira cuma kacamata model :|alhamdulillah… dia aja masih bersyukur tanpa operasi apapun… dan masih setia dengan gowesannya kemana-mana.Kita masih beruntung, mbak…kalau nambah, itu artinya kita musti siap lebih baik lagi menu makannya… banyakin karoten, syukur-syukur ada asupan vitamin juga… *pernah berkurang seperempat 😀

  32. puritama said: aku ngerasa minusku udah gede, mbak…kebetulan kemarin ada mbak-mbak ngajak ngobrol, dia cerita sendiri minusnya parah: 9… pantes frame-nya tebel *tadinya kukira cuma kacamata model :|alhamdulillah… dia aja masih bersyukur tanpa operasi apapun… dan masih setia dengan gowesannya kemana-mana.Kita masih beruntung, mbak…kalau nambah, itu artinya kita musti siap lebih baik lagi menu makannya… banyakin karoten, syukur-syukur ada asupan vitamin juga… *pernah berkurang seperempat 😀

    iya, ver. minus 4 gini nggak ada apa2nya dibanding minus 9, kan. makasih udah mengingatkan, yaaa 🙂

  33. farikhsaba said: kayak apa itu, Mbak?

    lensa seperti lensa biasa yang bening, kalau dipake di ruangan… tapi perlahan berubah jadi gelap warna lensanya kalau keluar ruangan di siang hari, makin tinggi tingkat brightness matahari mengenai lensa, makin gelap warnanya ^ _ ^

  34. ayanapunya said: sepertinya harganya lumayan mahal 😀

    hihihi iya sih, apalagi kalau makin tinggi angka minusnya… tapi kalo buatku lebih irit jadinya, asal dijaga… irit tempat dan bawaan juga, soale gak harus bawa sunglasses biasa xixixix

  35. saya ngerasa mmata juga udah minus…. cuma seumur2 belm pernah periksa mata…. eh… waktu bikin SIM sama tes kesehatan masuk kategori periksa bukan yah?

  36. banyak makan sayur.. ku juga pake kacamata kog.. minus 1.5 duaduanya.. seiring berumur, jadinya rabun dekat deh.. makin plus umur kita, makin plus juga mata kita..

  37. arsitaarsita said: Dua tahun lalu pernah periksa mata, katanya sih salah satu minus 1/2. Tapi karena yg periksa di toko kecemete jadi saya kurang percaya hehehe

    aku juga periksa mata kadang di toko kacamata, ta. heheklo minus setengah masih bisa hilang kok 🙂

  38. pingkanrizkiarto said: sebenernya males pake kacamata, tapi malah jadi susah sendiri kalo kacamata ketinggalan…:)

    saya nggak pake kacamata ya nggak bisa ngapa2in, bu ping. selain kabur, rasanya ada yang kurang

  39. tintin1868 said: banyak makan sayur.. ku juga pake kacamata kog.. minus 1.5 duaduanya.. seiring berumur, jadinya rabun dekat deh.. makin plus umur kita, makin plus juga mata kita..

    jadi minusnya bisa berkurang trus jadi plus? mungkin ga ya minus berkurang jadi nggak minus lagi? xixixixi

  40. ayanapunya said: kacamata minus? trus matanya gimana?

    minusnya hampir nol, silindernya setengah. mungkin karena itu juga kalo baca di kendaraan jadi mual sangat, seperti kata mba. dulu terburu2 bikin kacamata krn sering puyeng kalo berlamalama depan laptop. sekarang dipakenya hanya kalo sakit kepalanya mulai terasa. smg silindernya ga nambah aja. 😀

  41. takedisaja said: minusnya hampir nol, silindernya setengah. mungkin karena itu juga kalo baca di kendaraan jadi mual sangat, seperti kata mba. dulu terburu2 bikin kacamata krn sering puyeng kalo berlamalama depan laptop. sekarang dipakenya hanya kalo sakit kepalanya mulai terasa. smg silindernya ga nambah aja. 😀

    nah aku klo juga nggak tahan baca buku di mobil. tapi nggak pernah pusing atau sakit kepala sih. moga aja nggak ada silindrisnya

  42. iya niih.. tiwi juga kayaknya nambah deh minusnya.. @_@ makin lierrr kaloo liat orang apalagi kerjaan ehehehehhe :Dklo periksa lagi pasti ketauan nambah dan kudu ganti lensanya.. huh maleesss…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s