mitos tentang rezeki anak

“Kalo anak-laki mirip ibunya, atau anak perempuan mirip bapaknya, maka anaknya bakal perezekian.”

Begitulah sedikit dari sekian banyak bahan pembicaraan yang muncul di kantor kemarin. Tentang mitos rezeki dari seorang anak. Mitos atau anggapan ini bukanlah hal yang baru bagi saya. Entah siapa yang memulainya. Bahkan ibu saya sendiri juga mengatakannya pada saya.

Saya sendiri tak terlalu memusingkan masalah rezeki yang bergantung pada kemiripan pada orang tua ini. Toh saya masih berkeyakinan kalau setiap anak manusia itu terlahir dengan rezekinya masing-masing. Namun ketika masing-masing teman perempuan di kantor membanggakan kemiripan mereka dengan ayah mereka, dan membenarkan kalau mereka termasuk orang yang dimudahkan rezekinya, saya kok jadi ngenes sendiri ya? Mengingat wajah saya tak mirip dengan ayah maupun ibu saya. Meskipun saya tetap yakin akan rezeki saya yang sudah diatur Allah, toh tetap saja kata-kata teman-teman saya itu membuat sya terprovokasi.

Setelah dari pembicaraan tersebut di atas, saya jadi berpikir. Bagaimana bisa orang dahulu mengambil kesimpulan mengenai rezeki ini? Bukankah, sekali lagi, rezeki itu sudah diatur oleh Allah? Dan kalau anak laki-laki mirip ibunya punya rezeki yang bagus, lalu bagaimana dengan anak laki-laki yang mirip bapaknya? Apakah dengan begitu rezekinya susah? Dan mereka yang membanggakan mitos ini, apakah pernah memikirkan perasaan anak perempuan yang wajahnya mirip ibunya, jika mereka mendengar mitos ini?


Gambar dipinjam dari sini.

71 pemikiran pada “mitos tentang rezeki anak

  1. kalo deket Bapak ya mirip Bapakkalo deket Ibu ya mirip Iburejekinya double dong??? jangan percaya yang begituan, Mbak…itu agak-agak bau syirik kayaknya…

  2. nitafebri said: gak percayaaa aaahhh..abis saya sering di bilang mirip bapak tp kok seret bangeet yee.. haha

    iya nit…percaya rezeki udah ada yang ngatur :)btw mitos itu apa cuma ada di Banjar ya?

  3. ayanapunya said: Kalo anak-laki mirip ibunya, atau anak perempuan mirip bapaknya

    Ada lagi teori yang bilang, kalo ada anak yang mirip bapak atau ibunya, berarti waktu bikin, bapak atau ibunya yang lebih bernafsu…

  4. Saya malah bingung Anada anak balita, terus ada beberapa acil – acil yang bilangHidung lawan matanya mirip banar wan mamanya, tapi muhanya mirip wan abahnya. Nah han tia…kaya apa teh amun kaya itu An ?:D

  5. ayanapunya said: “Kalo anak-laki mirip ibunya, atau anak perempuan mirip bapaknya, maka anaknya bakal perezekian.”

    masaaa?? anak saya laki2, plek2 banget mirip sama bapaknya!

  6. kalo deket Bapak ya mirip Bapakkalo deket Ibu ya mirip Iburejekinya double dong??? jangan percaya yang begituan, Mbak…itu agak-agak bau syirik kayaknya…

  7. nitafebri said: gak percayaaa aaahhh..abis saya sering di bilang mirip bapak tp kok seret bangeet yee.. haha

    iya nit…percaya rezeki udah ada yang ngatur :)btw mitos itu apa cuma ada di Banjar ya?

  8. ivoniezahra said: Wah itu sm sja mendahului ketentuan-Nya mbk πŸ˜€

    iya Von…kadang suka kesal kalau udah ada yang mengait2kan rezeki sama kemiripan dengan orang tua. di sini masih suka gitu loh πŸ™‚

  9. darnia said: kalo deket Bapak ya mirip Bapakkalo deket Ibu ya mirip Iburejekinya double dong??? jangan percaya yang begituan, Mbak…itu agak-agak bau syirik kayaknya…

    iya Dani. aku setuju sama ivonie. Yang begitu itu kan mendahului kehendak Tuhan. Dulu sempat jadi percaya juga. Sekarang ga mau lagi percaya sama yang begitu πŸ™‚

  10. bundananda said: Itu ngarannya bealahan..Ga percaya ah.. Kalo bediam aja dirumah mana rezeki datang. Yg ada tuh sepemberi Tuhan aja..

    itukah ngarannya Bun? hanyar tau. hehehedi Banjar masih banyak yang percaya itu. Jadi mun ada anak binian yang mirip abahnya atau sebaliknya pasti ada yang menyambat…”wah beuntung ni anaknya”siannya pang mun anak binian mirip mamanya mun ky tu?

  11. bundananda said: Yan, aku mirip mamakku nih. Tp kurasa rejekiku ngalir aja. Kdg meluap πŸ™‚

    alhamdulillah kalo ky tu Bun lah :)menurut ulun itu lebih pada keyakinan aja. Mun diyakini mitos ky tu yang bisa kejadian

  12. Yg bealahan tu yg anak cwe sm dgn mamanya ato sebaliknya. Biasa dijual tuh. Kalo kada penyakitan, mcm2 tu pang.. Coba kah dijual mahal, ini ditukar wan pisang sesisir, duit seribu.

  13. bundananda said: Yg bealahan tu yg anak cwe sm dgn mamanya ato sebaliknya. Biasa dijual tuh. Kalo kada penyakitan, mcm2 tu pang.. Coba kah dijual mahal, ini ditukar wan pisang sesisir, duit seribu.

    ooo..ada pang kawan bekisah ky tu. harus ada yang mengalah jar. entah mamanya yang meninggal duluan. tapi kalau dijual tu ulun kd tau πŸ™‚

  14. Dijual istilahnya aja lah… Namanya urang dulu. Ada aja diolah gawian. Handak beayun, acara naik ayun, pintar bejalan, acara turun tanah, yg penting dan wajib malah kada.Btw, kalo yana kd mirip sesiapa, ikam anak siapa yan?jgn2 nemu di kumpai larut neh hehehe..

  15. bundananda said: Dijual istilahnya aja lah… Namanya urang dulu. Ada aja diolah gawian. Handak beayun, acara naik ayun, pintar bejalan, acara turun tanah, yg penting dan wajib malah kada.Btw, kalo yana kd mirip sesiapa, ikam anak siapa yan?jgn2 nemu di kumpai larut neh hehehe..

    nah ulun jua kadang curiga jangan2 ulun ni anak dapat di ilung. hehehemirip ae dikit lawan abah dan mama. tapi kd semirip kaya ading-ading ulun. mun bejalan lawan ading aja dikira bekawanan aja πŸ˜€

  16. ayanapunya said: Kalo anak-laki mirip ibunya, atau anak perempuan mirip bapaknya

    Ada lagi teori yang bilang, kalo ada anak yang mirip bapak atau ibunya, berarti waktu bikin, bapak atau ibunya yang lebih bernafsu…

  17. Saya malah bingung Anada anak balita, terus ada beberapa acil – acil yang bilangHidung lawan matanya mirip banar wan mamanya, tapi muhanya mirip wan abahnya. Nah han tia…kaya apa teh amun kaya itu An ?:D

  18. ayanapunya said: wkwkwkwkwk…ulun belum sampai nah ilmunya

    Makanya setelah Yana nikah, ntar ketauan siapa yang lebih bernafsu, keliatan dari anaknya mirip bapaknya, atau ibunya

  19. luqmanhakim said: Makanya setelah Yana nikah, ntar ketauan siapa yang lebih bernafsu, keliatan dari anaknya mirip bapaknya, atau ibunya

    Hahahahasaya jadi ingat pelajaran biologi pas sekolah duluada factor pembentuk sifat ( gen ) yang berlabel XX, YY, XY, YX. XxYY, xxYY,….hehehehe. ingat saja sih…*gak penting sekali kan commentnya :))

  20. ayanapunya said: “Kalo anak-laki mirip ibunya, atau anak perempuan mirip bapaknya, maka anaknya bakal perezekian.”

    masaaa?? anak saya laki2, plek2 banget mirip sama bapaknya!

  21. dhaimasrani said: Hahahahasaya jadi ingat pelajaran biologi pas sekolah duluada factor pembentuk sifat ( gen ) yang berlabel XX, YY, XY, YX. XxYY, xxYY,….hehehehe. ingat saja sih…*gak penting sekali kan commentnya :))

    kalo XX jadinya perempuankalo XY jadinya laki-laki πŸ˜€

  22. Raisa mirip ibunya bgt kok banyak rejekynya ..hayooo rejeky itu kita dan allah yg menentukan.. ygbpenting kita kerja berusaha dan berdoa insyallah lancar..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s