gimana kalo kami beli gambarnya saja?

beberapa waktu yang lalu, kantor kami dapat “job” menyusun perencanan atas pembangunan sebuah kantor milik swasta. Karena pekerjaan ini bukan didapat dari lelang, melainkan dari perusahaan yang dimiliki oleh seorang pimpinan partai, dimana atasan kami adalah anggotanya, maka sistemnya tentu tidak seperti mendapatkan proyek di pemerintahan kan?

nah karena yang memberi tugas ini adalah orang penting, maka demi kepuasan konsumen bergeraklah tim perencana. tim survey dipanggil, setelah survey langsung disambung dengan pekerjaan gambar, dan tentunya perhitungan RAB. padahal kontrak dari pekerjaan ini masih berbentuk draft. dan bos kami adalah orang yang jika berkata, “saya mau kerjaan ini selesai sekarang” itu berarti pekerjaan itu harus selesai hari itu juga, dan dijamin orang yang mengerjakan pekerjaan itu akan diteror habis-habisan dengan pertanyaan, “sudah selesai belum?”

Bu Hani, sebagai estimator dari pekerjaan ini tentunya sudah sangat mengenal sifat bos ini, secara pimpinan kami adalah teman kuliahnya. karena itu beliau untuk menyelesaikan perhitungan RAB pekerjaan ini terpaksa megorbankan waktu istirahatnya. bahkan beberapa hari yang lalu, seharian beliau benar-benar diteror dengan pertanyaan, “sudah selesai bu? rabnya mau dikirim sama gambarnya?” kalau saya kerja begitu bisa ga konsen lagi deh. he

akhirnya perhitungan RAB berikut gambarnya pun dapat diselesaikan hari itu, gambar dan RAB pun di-copy untuk diserahkan kepada owner. RAB senilai hampir 4 M berikut gambar pun diserahkan, berikut biaya atas perencanaan yang telah dikerjakan kantor.

ketika melihat nilai perencanaan yang bernilai di atas 100 juta, maka owner pun berkata, “Pak, gimana kalau kami beli gambarnya saja?”

toeng?

41 pemikiran pada “gimana kalo kami beli gambarnya saja?

  1. tiarrahman said: emang berapa luas dan berapa tgkat?

    wah kurang tau mas tiar..bukan saya yang ngerjain..tapi hitungan RABnya nyampe 4 M berarti lumayan besar tuh bangunannya…biaya perencanaan kan biasanya 4% biaya fisik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s