merajut lagi…

Beberapa minggu terakhir saya punya hobi baru. Merajut. Yah sebenarnya ini bukan hal baru bagi saya. Mengingat ketika masih jaman SD dulu saya sudah pernah mempelajari teknik dan cara menyimpul benang wol ini. waktu itu kalau tidak salah saya cukup berhasil membuat ikat rambut sendiri, dan taplak meja.

Sekarang, belasan tahun setelahnya, entah mengapa hobi yang terlupakan ini muncul lagi di kepala saya. Saya lupa apa persisnya yang membuat saya ingin kembali menekuni hobi ini. yang jelas, untuk beberapa minggu terakhir saya tak pernah berhenti berburu info dan video tentang merajut.

Dan ternyata setelah nyari-nyari di internet, saya baru tahu kalau dalam ilmu merajut, ada 2 teknik yang digunakan. Teknik knitting dan teknik crochet. Teknik knitting biasanya menggunakan 2 jarum. Untuk teknik ini biasanya yang terbayang di kepala kita adalah seorang nenek sedang duduk di kursi goyangnya dengan dua jarum di tangannya yang terus bekerja bergantian tanpa henti. Sedangkan untuk teknik crochet, digunakan jarum yang diujungnya terdapat sebuah kaitan. Untuk penggunaannya, satu tangan memegang jarum, tangan yang lain memegang benang. Lalu dengan jarum itu kita membuat simpul-simpul hingga pekerjaan selesai.

Untuk saat ini saya baru menguasai teknik crochet. Sebenarnya pengen banget menguasai teknik knitting, tapi kayaknya untuk banjarmasin jarum khusus untuk knitting belum ada. Jadi hayalan buat bikin syal kayaknya dipending dulu.

Karena sudah cukup lama tidak memegang jarum rajut dan benang wol, saya memutuskan membeli sebuah buku panduan merajut. Nah, karena saya punya dasar yang cukup kuat dalam crochet, maka saya tak mengalami banyak kesulitan dalam membuat tusukan-tusukan yang ada di buku panduan. Begitu pula dalam membaca pola yang diberikan.

Selain lewat buku panduan, saya juga banyak mencari info di internet. Terutama lewat video yang saya download di youtube. Dan ternyata, saya menemukan banyak sekali kreasi yang bisa dihasilkan dari merajut. Terutama untuk crochet. Ternyata untuk rajutan crochet tak hanya bisa menghasilkan ikat rambut dan taplak meja seperti yang saya buat waktu kecil dulu. Melainkan juga topi, tempat hp, pembatas buku, tas, bahkan rompi dan sepatu bayi bisa dibuat dengan crochet. terakhir saya menemukan kita bisa membuat boneka kecil dengan teknik merajut crochet. wow..jadi semakin menambah semangat saya untuk menguasai ilmu merajut.

Di internet saya juga menemukan banyak blog-blog perajut profesional dan hasil dari rajutan mereka yang benar-benar menggiurkan. Tentunya perlu keseriusan dan ketekunan tingkat tinggi untuk bisa menjadi seperti mereka. Tapi tak ada salahnya kan saya bermimpi mulai dari sekarang untuk bisa menghasilkan karya seperti mereka?

32 pemikiran pada “merajut lagi…

  1. memang jarum itu susah nyarinya. tapi bisa dibuat kok. dulu aku buat dari besi apa ya.. jari-jari sepeda apa ya? tinggal dipotong dua dan diruncingin aja. selain dari wol bisa juga pake benang (lupa namanya), nah yang ini bisa buat tas atau peci yang keren. kalo aku merajut ga telaten, kalo bikin tas dari makrame alias talikur baru deh jagoan.

  2. sementara beli aja di toko online banyak koq yg jualan jarum knit nya… coba buka aja facebook saya : dwi kusumastuti erna damajanticari facebooknya : ajeng c sitoresmi dia jualan jarum knit dari bambu gak mahal koq jeng…happy merajut ya… I like crochet and knitting also…

  3. memang jarum itu susah nyarinya. tapi bisa dibuat kok. dulu aku buat dari besi apa ya.. jari-jari sepeda apa ya? tinggal dipotong dua dan diruncingin aja. selain dari wol bisa juga pake benang (lupa namanya), nah yang ini bisa buat tas atau peci yang keren. kalo aku merajut ga telaten, kalo bikin tas dari makrame alias talikur baru deh jagoan.

  4. tiarrahman said: memang jarum itu susah nyarinya. tapi bisa dibuat kok. dulu aku buat dari besi apa ya.. jari-jari sepeda apa ya? tinggal dipotong dua dan diruncingin aja. selain dari wol bisa juga pake benang (lupa namanya), nah yang ini bisa buat tas atau peci yang keren. kalo aku merajut ga telaten, kalo bikin tas dari makrame alias talikur baru deh jagoan.

    boleh dikirim sample pecinya kang , diterima dengan ikhlas hehehe

  5. zaidzydan said: boleh dikirim sample pecinya kang , diterima dengan ikhlas hehehe

    yang bisa istriku, seringnya bikin dompet atau tas kecil. aku aja belum dibikinin (sejak ada buntut, repotz), jadi aja beli di mol :p

  6. talikur itu besar benangnya seperti benang tali pluit pramuka. teknik nganyamnya mirip itu juga, menggunakan 2 tangan saja tanpa alat. yang penting variasi anyaman dan warnanya. bisa juga ditambahin accessories lainnya.

  7. tiarrahman said: yang bisa istriku, seringnya bikin dompet atau tas kecil. aku aja belum dibikinin (sejak ada buntut, repotz), jadi aja beli di mol :p

    wakakakakaa…….payah neh . tapi boleh juga nanti masukkan di daftar ‘list order’ πŸ˜€

  8. sementara beli aja di toko online banyak koq yg jualan jarum knit nya… coba buka aja facebook saya : dwi kusumastuti erna damajanticari facebooknya : ajeng c sitoresmi dia jualan jarum knit dari bambu gak mahal koq jeng…happy merajut ya… I like crochet and knitting also…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s